Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.622 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 19-09-2023 dengan 2.023 highlight, 17 headline, dan 101.671 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salam literasi πŸ’– Just love writing at the end πŸ’–

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengapresiasi Anak Ketika Mereka Mulai Rajin Membaca di Perpustakaan

1 Juni 2023   08:21 Diperbarui: 2 Juni 2023   05:53 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi oleh beritagar via unair.news

Bagaimana cara memotivasi anak untuk membaca? Memberi teladan dalam membaca.

Anda sudah? Saya sudah. Sebagai orang yang suka membaca, rasanya saya sangat senang membagikan isi bacaan dari buku yang saya baca pada orang-orang di sekitar saya. Ini juga salah satu cara memotivasi membaca.

Saya juga tak jaramg meminta anak-anak membaca buku di perpustakaan sekolah. Bukankan perpustakaan itu seperti ladang ilmu buat para pembaca buku? Ada banyak jenis buku yang bisa dipilih untuk dibaca di sana tanpa mengeluarkan biaya.Β 

Saya suka pergi ke perpustakaan sekolah maupun umum. Itu salah satu cara saya memenuhi kejausan saya akan ilmu. Jangan bilang saya kutu buku ya, karena serajin apapun saya membaca, tetap saja saya merasa masih kurang membaca. Begitulah.

Lalu bagaimana cara lain untuk memotivasi anak-anak yang mulai rajin membaca di perpustakaan bahkan meminjam buku di sana? Iya memberi apresiasi. Ini yang saya akan lakukan. Kalau Anda?

Beberapa bulan yang lalu, salah satu sahabat kompasianer, Hennie Triana Oberst yang saya sapa dengan Bu Hennie, mengirimkan 5 eksemplar buku cerita anak karya beliau. Iya buku yang bagus dan menarik. Tak hanya full color, isi bukunya juga sangat apik. Terima kasih Bu Hennie. Bu Hennie sangat peduli pada literasi bangsa.

Berikut foto cover book karya Bu Hennie.Β 

Dokpri
Dokpri

Saya yakin anak-anak menyukainya. Saya punya 1 buku ini dan meminjamkan untuk dibaca mereka di kelas. Tentu saja bergantian. Mereka menyukainya. Kalau anak-anak tidak pergi ke perpustakaan untuk membaca buku, bawalah buku-buku itu ke kelas. Itu prinsip saya.

Tahun ajaran lalu saya memberikan buku cerita tersebut pada 5 anak yang menunjukkan kemajuan dalam usaha mereka membaca atau latihan membaca. Ini cara saya mengapresiasi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun