Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.750 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 26-02-2024 dengan 2.142 highlight, 17 headline, dan 105.962 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Lanjut Usia Sedunia, dan Artikel Kurasi Kompasiana

5 Juni 2022   14:32 Diperbarui: 5 Juni 2022   21:37 738
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto KLHK facebook page

Hari ini diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tepat tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Saya jadi teringat lagi, apa yang sudah saya lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar? Kalau Anda, apa yang sudah Anda lakukan untuk bumi tercinta?

Saya dan Ibu menyukai dan melakukan kegiatan berkebun di halaman rumah depan dan belakang. Ibu saya sudah lanjut usia namun masih aktif bekerja di kebun kesayangannya. Saya jadi ingat beberapa waktu lalu juga diperingati Hari Lanjut Usia Sedunia pada tanggal 29 Mei 2022.

Sumber foto: Kemsntrian Sosial RI fabebook page
Sumber foto: Kemsntrian Sosial RI fabebook page
Berhubung saya belum sempat menuliskan artikel tentang hari lanjut usia, saya gabung ya dengan artikel Hari Lingkungan Hidup. Saya rasa tidak masalah, bukan? Meskipun sudah terlambat sekitar 1 minggu.

Hari Lanjut Usia Sedunia (29 Mei 2022) dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni 2022) memang lekat dengan keseharian Ibu saya di rumah. Tidak ada batasan usia untuk melestarikan lingkungan, bukan?

Sejak kecil anak-anak sudah dididik di sekolah untuk mencintai lingkungan dan menjaganya agar tetap lestari. Besar harapan kita sebagai orang dewasa agar mereka menjalankannya sepanjang usia, iya hingga lanjut usia.

Seperti halnya Ibu saya, meski sudah lanjut usia namun kecintaannya pada alam sekitar tidak pudar. Saya pernah menuliskan kisah berkebun untuk lansia beserta manfaatnya dalam salah satu artikel di Kompasiana.

Satu setengah tahun lalu artikel tersebut mendapat label artikel utama. Sila baca di sini.

Dokpri tangkap layar Kompasiana
Dokpri tangkap layar Kompasiana
Tak hanya itu saja, beberapa hari lalu saya menemukan bahwa artikel tersebut masuk dalam salah satu bagian artikel kurasi Kompasiana yang tayang di media online Kompas. (Kompas.com).

Saya jujur cukup terkejut. Ini pertama kalinya saya melihat satu artikel yang saya tulis tentang hobi berkebun Ibu menjadi salah satu yang dilirik admin Kompas.  Ternyata rasanya menyenangkan.

Anda bisa baca artikel kurasi Kompasiana tersebut di sini.

Ternyata di Hari Lingkungan Hidup Sedunia, saya mendapatkan teladan nyata dari kisah Ibu saya bagaimana melestarikam lingkungan hidup mulai dari halaman rumah. Iya lingkungan yang terdekat. Bahkan kisah tersebut bisa dibaca oleh pembaca di seantero Indonesia mungkin beberapa pembaca dari mancanegara?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun