Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.750 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 26-02-2024 dengan 2.142 highlight, 17 headline, dan 105.962 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Puisi, Media untuk Anak Mencurahkan Isi Hati

7 Maret 2022   13:50 Diperbarui: 7 Maret 2022   14:01 535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Orami.co.id

Saya suka menulis puisi. Siapa yang belum tahu fakta ini, bisa buka di profil Kompasianer Ari Budiyanti. Mayoritas tulisan saya ada dalam kategori puisi. Saya memang dikenal di Kompasiana sebagai penulis puisi hati.

Usaha saya mewarnai dunia literasi melalui puisi juga coba tularkan pada siswa di sekolah. Puisi saya memang sederhana, lugas dan mudah dipahami. Beberapa tips tentang menulis puisi untuk anak-anak juga sudah pernah saya tuliskan di Kompasiana. 

Sila baca artikel 5 Tips Sederhana Menumbuhkan Minat Anak Menuliskan Puisi Mereka Sendiri.

Ini bukan masalah besar buat saya. Menulis puisi adalah cara saya mencurahkan isi hati. Ini penting bagi saya pribadi.

Dokpri tangkap layar Kompasiana Artikel Ari Budiyanti
Dokpri tangkap layar Kompasiana Artikel Ari Budiyanti
Lalu bagaimana dengan murid-murid saya? Beberapa dari mereka juga mencoba menulis puisi dengan gaya bahasa mereka yang lugas. Ada pelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia tentang menulis puisi.

Dalam hal ini saya bisa melihat bakat anak dalam dunia tulis menulis. Puisi-puisi mereka sungguh jujur dari hati. Ada anak-anak yang mengisahkan tentang kedekatannya dengan keluarga khususnya kakak laki-laki dan perempuan.

Ada juga yang menulis puisi tentang hobi mereka. Jadi puisinya berisi gambaran tentang kegemaran yang biasa mereka lakukan bersama keluarga ataupun teman.

Pengalaman wisata mengunjungi kampung kakek juga bisa menjadi tema puisi alam karya mereka. Puisi yang menyatakan perasaan bahagia.

Seorang murid juga menuliskan puisi tentang alam. Ketakutan mereka saat hujan datang dengan petir menggelegar. Hal yang memang biasa membuat anak-anak ketakutan. Ternyata bisa juga dijadikan tema puisi tentang perasaan mereka.

Dokpri tangkap layar Kompasiana artikel Ari Budiyanti
Dokpri tangkap layar Kompasiana artikel Ari Budiyanti
Pentingnya pemilihan kata-kata yang indah untuk penulisan puisi anak masih perlu dikembangkan. Ini tugas guru untuk membantu agar anak bisa menemukan kata-kata yang tepat dan jndah dalam menggambarkan perasaan mereka melalui karya puisi.

Sungguh saya ingin anak-anak mengenal dan menulis puisi dengan dihiasi perasaan bahagia. Rasa bahagia ini yang akan mengawali kecintaan pada karya seni puisi dari hati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun