Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Membukukan Tulisan-Tulisanku di Kompasiana

3 Januari 2022   21:20 Diperbarui: 4 Januari 2022   18:53 538
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Helosehat.com

Target yang ingin saya capai pada tahun 2022 adalah membukukan kumpulan artikelku di Kompasiana. Setidaknya itu salah satu tujuanku di tahun yang baru kulalui 3 hari ini.

Jujur, pada waktu saya mengawali menulis di Kompasiana ada juga niat hati membukukan karya-karya saya nantinya. Saya tidak menyangka kalau satu persatu keinginan itu membuahkan hasil. 

Berawal dari ikut buku kumpulan karya kompasianer yang diadakan komunitas penulis bersama, lalu kebaikan Bu Anis Hidayatie membukukan karya tulisanku tentang jejak literasiku, ternyata akhirnya saya bisa juga membukukan buku puisi perdana saya, Bunga-Bunga Puisi Hati.

Dokpri
Dokpri

Pencapaian ini mendorong saya untuk bisa lanjutkan lagi membukukan karya yang lainnya di Kompasiana. Per hari ini saya sudah menulis artikel berbagai kategori sejumlah 1.949. Ini artikel saya ke-1.950. Jumlah yang tidak sedikit menurut saya. Apalagi waktu yang saya tempuh untuk 1.950 artikel ini adalah sekitar 3 tahun lebih 1 bulan atau 37 bulan. 

Saya bersyukur mendapat kesempatan menulis untuk aktualisasi diri. Saya ingat seorang kompasianer yang saya hormati, Ayah Tuah memberi nasihat melalui komentar di artikel saya bulan lalu. Waktu saya memutuskan keluar dari tiga komunitas kompasiana yang saya ikuti tahun 2020-2021, Ayah Tuah mengingatkan saya bahwa yang terpenting adalah tetap menulis karena tidak banyak orang yang mendapat kemampuan tersebut. 

Ini support yang sangat mengena di hati saya. Saya masih diingatkan kembali kalau saya salah satu insan di bumi yang dititipi Tuhan dengan talenta menulis. Jangan berhenti menulis. Tidak masalah berhenti dari keanggotaan komunitas Kompasiana asal tidak berhenti menulis. 

Dokpri tangkap layar kompasiana akun Ari Budiyanti
Dokpri tangkap layar kompasiana akun Ari Budiyanti

Lihat statistik menulis saya di Kompasiana, bahkan Kompasiana mengakui kalau saya sudah fanatik dalam hal menulis. Hehe, maksud saya mencapai kategori penulis fanatik dengan poin sudah 75.231 walaupun masih kompasianer centang hijau, ooops. 

Kembali ke judul artikel ini. Saya ingin membukukan artikel saya yang banyak di Kompasiana. Setidaknya buku dengan masing-masih kategori.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun