Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mulai menulis di Kompasiana pada 1 Desember 2018. Sebentar lagi memasuki perayaan tahun ketiga saya di sini tepatnya pada 1 Desember 2021. Semoga bisa mencapai 2.000 karya tulisan di Kompasiana tahun ini. Sekarang sudah mencapai lebih 1.830 tulisan, sampai 10 November 2021, berarti masih kurang sekitar 170 tulisan. Doakan bisa mencapainya ya, para sahabat kompasianer dan pembaca sekalian. Terima kasih untuk doa dan dukungannya.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa, dan Kompasiana

28 Oktober 2021   23:40 Diperbarui: 29 Oktober 2021   00:45 215 24 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: FB page Kompasiana

Hari ini Indonesia, kita semua memperingati Hari Sumpah Pemuda. Tepat di tanggal 28 Oktober 2021. Apa yang sudah kita lakukan untuk bangsa tercinta.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda hari ini memberi perenungan tersendiri untuk saya. Kita semua tahu dan paham isi Sumpah Pemuda.


Sumpah Pemuda

"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia"

"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia"

"Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia"

Sebuah ikrar suci yang tertanam dalam hati saya sebagai bagian bangsa Indonesia. Keberagaman suku bangsa, budaya, dan agama adalah sumber kekayaan bangsa.

Persatuan Indonesia menjadi tujuan kita. Hal yang harus diwujudkan bersama. Selain itu, di bulan Oktober ini juga bertepatan dengan bulan bahasa.

Ada hal yang saya ingin lakukan untuk mengisi bulan bahasa 2021. Dengan mengacu pada isi Sumpah Pemuda yang ketiga:

"Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia"

Bahasa Indonesia, saya ingin menulis puisi dalam bahasa Indonesia dengan mangacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Ini memang bukan pertama kalinya. Saya menuliskan 12 puisi di bulan bahasa tahun 2020. Tahun ini saya ingin melanjutkannya. Saya sudah menulis 5 puisi dengan mengenalkan kata-kata dalam KBBI.

Saya sengaja menuliskan dan memilih kosakata dari KBBI yang menurut saya jarang digunakan. Kelima kosakata tersebut adalah:
1. Selasar
2. Bentala
3. Candala
4. Genta
5. Jenggala

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan