Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.750 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 26-02-2024 dengan 2.142 highlight, 17 headline, dan 105.962 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis Puisi Sendiri itu Asyik tapi Menulis Puisi Kolaborasi Ternyata Lebih Menarik pun Unik

11 Agustus 2021   11:43 Diperbarui: 11 Agustus 2021   12:05 655
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: pixabay.com

Ada satu kendala terjadi dalam perjalanan menulis yang saya hadapi. Ini hampir membuat saya menghentikan kebiasaan berpuisi. Simak kisahnya. 

Bulan Juli saya menulis banyak sekali puisi. Beberapa kali dalam 1 hari bisa menulis 5 puisi.

Apakah ini pencapaian yang wow buat saya? Bisa jadi. Tergantung dari sudut pandang mana saya menganggapi. Jika semangat literasi sebagai panduan saya, menulis 5 puisi itu wow.

Namun jika saya melihat status saya sebagai kompasianer centang hijau, kadang menulis banyak puisi membuat saya merasa lelah. Mengapa? Kelelahan muncul saat saya tidak melihat label biru sebagai pilihan editor dalam puisi saya. Sedih.

Saya terjebak dalam pandangan dengan menempatkan puisi menurut label pilihan dari admin. Puisi adalah karya seni dari hati. Adakah hati kita untuk dinilai berdasarkan label pilihan semata? Bagaimana menurut Anda?

Pantaskah semangat menulis di Kompasiana dipengaruhi oleh pemberian label pilihan editor semata? Tidak. Pilihlah jawaban ini jika Anda ingin terus aktif berkreativitas menulis puisi.

Jangan terjebak seperti saya, menganggap remeh puisi saya sendiri ketika tidak dilabel oleh admin. Ada tanya dalam hati saya, mengapa puisi saya seolah tidak mendapat pengakuan admin kalau layak diberi label pilihan?

Ada berbagai alasan pembenaran. Namun apapun itu, belajarlah untuk "just let it go".

Dulu saya selalu semangat menumpuki tulisan puisi saya yang tidak dilabel dengan puisi baru.  Terus menulis dan terus berkarya mengikuti hati. Ini tidak hanya berlaku untuk puisi. Artikel pun demikian.

Kebiasaan saya ini membuahkan hasil. Jumlah karya tulisan saya di Kompasiana lebih dari 1.700 hanya dalam kurun waktu 2 tahun 8 bulan. Meski jujur saat ini saya sedang kehilangan "mood" untuk berpuisi sendiri.

Saya mengakui bukan termasuk orang yang mengalami kesulitan khusus dalam berpuisi. Saya sering bingung merespon rekan yang mengeluh pada saya bagaimana memotivasi diri menulis puisi. Namun saya berikan juga tips sederhana ala saya ketika kehilangan hasrat berpuisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun