Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hari Komunikasi Internasional dan Karya Buku Kolaborasi dengan Para Penulis

17 Mei 2021   18:41 Diperbarui: 17 Mei 2021   19:08 285 26 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Komunikasi Internasional dan Karya Buku Kolaborasi dengan Para Penulis
Sumber foto: www.enkosa.com

Hari Buku Nasional yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional ternyata juga bersamaan dengan peringatan Hari komunikasi Internasional. Jadi tanggal 17 Mei 2021 ini ada tiga peringatan sekaligus.

Saya senang sekali berkomunikasi. Bagi saya komunikasi adalah kunci keberhasilan sebuah relasi. Baik relasi dengan keluarga, sahabat, murid, orang tua murid, maupun masyarakat sekitar. Lebih dari itu, saya juga suka mengembangkan relasi dengan teman-teman dari mancanegara.

Tentu saja dalam hal berelasi dengan teman-teman mancanegara, saya perlu mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Saya juga perlu berani mempraktekannya saat bertemu dengan warga asing secara langsung baik di tempat wisata (sebelum pandemi) maupun di tempat umum.

Beberapa kesempatan pertemuan saya dengan wisatawan asing, saya memberanikan diri mengajak mereka berbincang. Mereka juga sangat senang bercakap-cakap dengan saya sebagai warga lokal. 

Kepada sepasang wisatawan asing yang mau bepergian ke Yogyakarta, saya menceritakan tentang transportasi umum yang bisa digunakan, lalu aneka aksesoris yang bisa dibeli sebagai kenag-kenangan.

Di Candi Prambanan saya pernah bertemu warga Belgia yang berwisata bersama keluarga. Saya dan Ibu sedang menunggu kereta/ bus wisata keliling Candi Prambanan. Saya mengajak wisatawan asing itu untuk mengobrol tentang hal-hal keseharian di Belgia.

Ternyata dia juga seorang mahasiswi yang siap menngadakan kuliah kunjungan ke negeri lain. Kami juga berbincang tentang tempat wisata di Belgia yang pernah saya lihat tayangannya di televisi. Tentu saja kami berbicara dalam bahasa Inggris sebagai bahasa Intenasional yang memudahkan komunikasi.

Bukan hanya dalam pertemuan langsung dengan wisatawan asing. Saya juga suka berteman dengan beberapa sahabat dari mancanegara. Ada sahabat dekat saya seorang warga negara Brazil. 

Saya bahkan pernah mendapat kiriman lukisan karyanya. Saya juga mempunyai beberapa kenalan dari beberapa negara lain. Sejauh ini pertemanan kami berjalan dengan baik melalui media sosial.

Beralih dari komunikasi berbahasa Inggris, saya juga mengembangkan persahabatan dengan para penulis di Indonesia. Jujur, saya banyak mengenal penulis-penulis terkenal dan berelasi dengan baik stelah saya bergabung di Kompasiana. Berbagai komunitas di Kompasiana mempertemukan saya dengan mereka.

Saya mendapat beberapa kesempatan berkoleberasi dalam penulisan buku antologi bersama mereka. Betapa pentingnya komunikasi yang baik itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN