Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Diary, Aku Tadi Ikut Webinar tentang Pendidikan, Bulan Depan Ikut Blogshop Menulis Artikel Politik Populer Nggak Ya?

25 Januari 2021   18:23 Diperbarui: 25 Januari 2021   21:09 316 24 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diary, Aku Tadi Ikut Webinar tentang Pendidikan, Bulan Depan Ikut Blogshop Menulis Artikel Politik Populer Nggak Ya?
Sumber foto Pexels.com

Hai Diary.
Ini masih sore sih, tapi aku ingin menyapamu. Boleh ya. Lagian di luar mendung, mau keluar untuk beli agak enggan. Apa aku pesan aja makanan via gofood ya? Kan barusan ditransfer K-Rewards Januari. Hehe

Eh Diary, aku tadi ikutan webinar tema pendidikan loh. Seneng banget. Sekolah mendaftarkan kami semua tim guru dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA untuk ikutan webinar menarik bermanfaat ini.

Aku tidak perlu sebutin nama webinarnya ya. Nanti aku dikirain promosi. Hehe. Iya ga Diary? Hari ini masih sesi pertama. Rencananya masih ada 11 sesi lainnya yang diadakan 1 bulan 1 kali.

Dalam webinar tema pendidikan, aku antusias sekali mengikutinya. Aku kan seorang guru nih, jadi mendapat suplai ilmu, yang membuatku sangat bahagia.

Webinar hari ini mengajarkan beberapa metode menarik dalam mengajak siswa menikmati PJJ. Memang Pembelajaran Jarak Jauh ini sangat menantang. Sebagai guru, harus bisa memberikan materi pembelajaran dengan cara kreatif dan inovatif.

Jangan sampai murid kita berulang kali ijin ke toilet. Atau ijin tutup kamera. Kira-kira kenapa bisa begitu ya Diary? Katanya, mungkin saja karena mereka bosan dengan pelajaran yang diikuti melalui online learning atau pembelajaran daring.

Diary, kalau kita ada di gedung sekolah, dalam ruangan kelas, anak-anak tekondisikan untuk fokus dan konsentrasi pada pelajaran yang dijelaskan guru.

Bagaimana kalau di rumah?

Lebih banyak gangguan yang bisa membuyarkan konsentrasi anak. Katanya begitu dalam webinar tadi. Kenyataannya, para orang tua pasti lebih bisa memberi jawaban yang sesuai keadaan ya Diary. Memang sih bisa beda-beda jawabannya.

Nah, ini tantangan untuk para guru sepertiku, bagaimana caranya membawakan materi dengan cara unik. Membuat murid tertarik dan penasaran dengan pelajaran yang diberikan. Meningkatkan rasa ingin tahu dan ingin belajar anak. Tidak mudah loh, Diary. Serius.

Ada kalanya aku harus membuat video-video pembelajaran untuk membuat anak-anak lebih paham dengan penjelasanku. Kalau pas pelajaran PJOK misalnya, iya kadang aku buat video sesuai tema pembelajaran yang diberikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN