Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.750 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 26-02-2024 dengan 2.142 highlight, 17 headline, dan 105.962 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Diary, Ini Dia Sahabat-Sahabat Literasiku di Kompasiana

24 Januari 2021   20:50 Diperbarui: 24 Januari 2021   23:10 475
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Hai Diary, aku datang lagi malam ini. Ingat kan janjiku tentang menuliskan koleksi bukuku yang lain. Karya-karya para kompasianer yang aku sebut sebagai sahabat literasi. Boleh kan Diary?

Jadi catatan hatiku kali ini sebenarnya bertujuan memotivasi para pembaca semua. Niatku sebenarnya sesederhana itu. Aku mau kita semua giat berliterasi. Kompasiana itu sebagai salah satu wadahnya. Iya itu saja.

Aku sama sekali tidak ada terbersit untuk sombong karena punya banyak koleksi buku. Aku hanya ingin bercerita saja betapa bahagiaku mempunyai buku-buku karya sahabat Kompasianer.

Memang sih, yang kupunya tidak semua buku karya rekan kompasianer. Hanya sebagian saja. Tapi setidaknya ini sebagai motivasi buatku juga. Semoga ke depannya aku pun bisa menambah daftar buku yang diterbitkan berisi karya-karyaku.

Kemarin hari Sabtu aku sudah menulis 5 buku koleksiku yang adalah hadiah dari event lomba di Kompasiana. Ada yang diadakan oleh kompasianer maupun komunitas di Kompasiana. Aku tak perlu ulang ya. Nah, yang belum tahu, bisa baca di sini.

Kompasianer yang aku sapa dengan Pastor Bobby, pernah memberiku hadiah buku karya Beliau. Aku senang sekali membaca buku tersebut loh. Karena aku memang mengoleksi buku-buku dengan tema tentang para wanita yang mengispirasi.

Judul buku karya Pastor Bobby adalah "Wanita-Wanita Mulia dalam Alkitab". Ini dia cover bukunya. 

Sumber foto: ebooks.gramedia.com
Sumber foto: ebooks.gramedia.com
Bukan hanya itu. Diary, aku bergabung dengan komunitas KPB, atau Komunitas Penulis Berbalas. Karena itu, sebagian besar buku yang aku punya ya karya teman-teman di KPB.

Mbak Nazar yang suka menulis artikel bertemakan kuliner telah menerbitkan buku kumpulan artikel kuliner yang lengkap dengan resep masakan. Seru ya. Judul bukunya: "Aneka Masakan Spesial Blitar ala Bu Nazar". 

Ini dia foto cover bukunya. 

Foto dokumen mbak Nazar.
Foto dokumen mbak Nazar.
Lalu Diary, kamu tahu kan si pujangga dari Angsana? Iya mas Ikhlas itu loh. Kan kalau nulis puisi bikin pembacanya hanyut dengan diksi-diksi apiknya. Aku juga punya buku yang berisi karyanya. Judulnya: "Aku Ingin Lahir dari Rahim Puisimu".

Ini buku karya mas Ikhlas.

Dokpri
Dokpri
Satu lagi sahabat kompasianer senior yang juga sudah menerbitkan buku kumpulan cerita berjudul: "Berusaha Mencintai Kulkas Dua Pintu". Beliau ini sebenarnya sangat pandai menulis aneka kategori artikel di Kompasiana namun sangat rendah hati.

Aku belajar banyak dari Pak Budi Susilo. Ini gambar bukunya yang telah menjadi koleksiku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun