Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.750 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 26-02-2024 dengan 2.142 highlight, 17 headline, dan 105.962 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kelas Puisi yang Menyentuh Hati

7 Juli 2020   17:15 Diperbarui: 7 Juli 2020   18:44 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada artikel yang saya tulis hari Senin, 6 Juli 2020, saya menceritakan pengalaman baru mengajar kelas puisi untuk anak-anak SD melalui zoom. Selama mengajar, anak-anak terlihat memperhatikan dengan serius. 

Saya sempat khawatir kalau kelas puisi ini membosankan bagi anak-anak. Tapi sungguh di luar dugaan, ternyata mereka menunjukkan antusias yang tinggi pada kelas puisi.

Ini terlihat dari beberapa tanggapan seusai kelas puisi, yang saya terima dari teman saya selaku pemberi ide pelaksanaan kelas puisi.

1. Keinginan agar kelas puisi lebih lama waktunya.

Beberapa anak menanyakan mengapa kelas puisinya hanya sebentar. Saya membawakan materi di kelas puisi memang terbatas waktu penggunaan zoom. Total waktu materi tersampaikan dalam waktu 30 menit saja.

2. Antusias anak membuat puisi sangat besar
.

Selama dua hari ini saya menerima karya puisi anak-anak yang ikut kelas puisi hari Senin kemarin. Mereka mengirimkan 1 gambar dan 1 puisi. Karena memang metode yang saya gunakan dengan pendekatan menggambar sebelum menulis puisi.

Beberapa anak yang tidak mengirimkan gambar karena sudah bisa langsung membuat puisi. Ini bukan masalah buat saya. Gambar hanya digunakan untuk memudahkan saja untuk menyalurkan imajinasi anak. Ada tiga anak yang mengirimkan masing-masing dua puisi. Bahkan ada juga puisi-puisi dalam Bahasa Inggris.

3. Respon positif orang tua anak.

Anak-anak yang mengikuti kelas puisi via zoom ini didampingi oleh orang tuanya. Ini memang ketentuan di awal kelas. Jadi orang tua juga tahu pelajaran yang diberikan pada anak-anak mereka dalam kelas puisi.

Pendampingan orang tua saat kelas puisi ini sangat penting. Mereka juga merespon dengan sangat positif. Bahkan mereka terkagum-kagum pada respon anak-anak saat mengerjakan tugas membuat puisi.

Banyak orang tua yang terheran-heran mendapati kenyataan bahwa anak-anak mereka ternyata mampu menulis puisi. Bahkan saking bangganya, mereka sampai mengunggah hasil karya puisi anak mereka ke media sosial.

....
Ketiga hal di atas ternyata sangat berpengaruh baik pada saya sebagai pengajar kelas puisi. Rasanya kelas puisi yang pertama kali berlangsung sangat menyentuh hati. Apalagi saat saya membaca puisi-puisi karya anak-anak. Hati saya terasa girang sekali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun