Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mulai menulis di Kompasiana pada 1 Desember 2018. Sebentar lagi memasuki perayaan tahun ketiga saya di sini tepatnya pada 1 Desember 2021. Semoga bisa mencapai 2.000 karya tulisan di Kompasiana tahun ini. Sekarang sudah mencapai lebih 1.830 tulisan, sampai 10 November 2021, berarti masih kurang sekitar 170 tulisan. Doakan bisa mencapainya ya, para sahabat kompasianer dan pembaca sekalian. Terima kasih untuk doa dan dukungannya.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Pernak-Pernik Aktivitas Menarik KSI hingga Kisah Saya Mengisi Liburan dengan Kegiatan Literasi

5 Juli 2020   06:15 Diperbarui: 6 September 2020   00:13 324 43 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sabtu, 4 Juli 2020, saya menghabiskan sepanjang waktu pagi untuk membaca koleksi puisi karya peserta lomba puisi yang diadakan Komunitas Sajak Indonesia. Ini pertama kalinya saya diminta ikut serta sebagai juri lomba puisi dengan peserta anak-anak muda. Kriteria penilaian sudah diberikan oleh panitia lomba.


Satu pengalaman menarik dan penting bagi saya. Ada tiga orang juri dalam perlombaan puisi tersebut. Akhirnya, pemenang lomba pun telah ditetapkan bersama. Senang rasanya bisa berbagian aktif dalam lomba cipta puisi KSI bertemakan tentang alam. Kegiatan dilakukan secara online.


Itu salah satu keseruan di KSI dalam minggu ini. Kegiatan lain yang saya ikuti pada minggu lalu adalah sebuah permainan yang menantang kreativitas dan imajinasi. Permainan sambung menyambung dalam berpuisi. Panitia memberikan 1 bait puisi. Kemudian peserta yang ikut kegiatan ini akan menyambung puisi tersebut dengan sebait puisi lainnya.


Puisi harus ada kaitannya dengan bait sebelumnya, hingga peserta terakhir. Saya mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias. Malang bagi saya, peserta sebelum saya mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Kata-kata dalam setiap larik puisinya mengejutkan saya.


Jujur, saya merasa kelabakan dan shock. What should I do? Tapi syukurlah saya bisa menyambungkan bait puisi tersebut. Tapi ini memberi saya sebuah pengalaman seru dan menyenangkan. Para peserta juga nampak cukup antusias.


Dua kegiatan tersebut contoh aktivitas KSI yang dilakukan secara berkala. Sementara kegiatan harian kami di group adalah saling mengirimkan puisi. Pada awalnya, rekan-rekan KSI yang sebagian besar anak-anak muda, memilih tema cinta romantis dan seputarnya sebagai inspirasi puisi mereka.


Kemudian salah satu rekan memberikan masukan agar mencoba variasi tema lain. Saya rasa ini usul yang baik. Teman-teman di KSI juga menyambut dengan baik. Saya pun segera mengirimkan puisi saya tentang bunga wijaya kusuma dan bunga pukul empat.


Rekan-rekan lain juga mengirimkan puisi-puisi indahnya, mulai dari tema religius, budaya, alam semesta, sosial dan lain-lain. Ada juga beberapa rekan yang saling berbalas puisi. Saya juga beberapa kali mendapat balasan puisi di group. Rasanya sangat menyenangkan.


Kegiatan-kegiatan di KSI ini sungguh semakin menumbuhkan rasa cinta saya pada karya sastra puisi. Mata saya dibukakan dengan bakat-bakat luar biasa para anak muda. Ada yang masih SMA, kuliah dan juga bekerja seperti saya. Namun memang sebagian besar usianya jauh di bawah saya.


Ini memberi pelajaran berharga pada saya. Tuhan memberikan bakat atau talenta luar biasa pada kita, bahkan anak-anak muda ini. Kita harus dengan konsisten menggunakan dan mengembangkan bakat kita. Jangan sampai Tuhan marah karena melihat kita mendiamkan potensi yang sudah dianugerahkan-Nya pada kita.


Bersama Komunitas Sajak Indonesia, saya merasa pengetahuan semakin berkembang. Kosakata saya bertambah dengan membaca karya-karya puisi mereka. Imajinasi saya ikut berkembang mengikuti alur imajinasi anak-anak muda ini. Tentu saja dalam arti imajinasi yang positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan