Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.750 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 26-02-2024 dengan 2.142 highlight, 17 headline, dan 105.962 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mengumpulkan "Jejak" Menulis, Apakah Perlu?

3 Juni 2020   21:37 Diperbarui: 3 Juni 2020   21:40 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Sore ini saat saya membuka akun Kompasiana bagian fitur K-Rewards ternyata sudah muncul perolehan K-Rewards Mei 2020. Syukur kepada Tuhan saya kebagian lagi K-Rewards bulan Mei. Jadi selama tiga bulan berturut-turut total artikel saya mencapai view di atas 3k. menurut hitungan google analitik yang hanya diketahui admin Kompasiana.

Saya memang mengamati pencapaian karya saya baik secara jumlah tulisan maupun jumlah views yang dilaporkan dalam K-Rewards. Maret, April dan Mei menunjukkan pertambahan baik jumlah artikel, jumlah views maupun jumlah K-Rewards yang saya peroleh.

Saya bukan tipe orang yang suka menantang diri sendiri dalam menulis dengan sukarela. Saya juga tidak nyaman jika ada orang lain yang memberi saya target atau tantangan menulis dengan syarat ini dan itu. I don't like it. Saya tipe orang yang menulis hanya mengikuti kata hati saja, mengikuti mood, tidak suka memaksakan diri mengikuti kemauan orang lain

Dokpri
Dokpri
Artikel saya di Kompasiana bisa tercipta dalam jumlah banyak semua terjadi karena saya merasa bebas menulis. Tidak ada paksaan dan tidak ada beban. Feel free to write. Kalau seseorang ingin memberi tantangan, berikanlah pada diri Anda sendiri. 

Tidak perlu memberikannya pada orang lain, apalagi saya. Semakin saya diminta menulis sesuai aturan orang lain, atau target orang lain, justru membuat saya sama sekali tidak menghasilkan karya satupun. Aneh ya? But that's me. I want just to be myself.

Pada awal join Kompasiana saya sempat khawatir kehilangan atau kehabisan ide menulis. Namun nyatanya ide menulis terus saja muncul. Keinginan menulis terus bertambah. 

Pelarian saya dari segala masalah kehidupan sehari-hari juga dalam tulisan. Ini rahasia saya pribadi sehingga bisa menghasilkan banyak karya. Saya menulis kapanpun saya ingin menulis.

Mengikuti event di Kompasiana pun harus karena kemauan diri sendiri. Orang lain bisa saja memotivasi atau mendorong untuk ikut event ini itu, dalam hal tulis menulis, namun tetap saja keputusan mau ikut atau tidaknya sebuah event tetap tergantung saya sendiri.

Dokpri
Dokpri

Saya juga sangat suka untuk mengumpulkan jejak tulisan saya sendiri. Maksudnya adalah mengabadikan pencapaian-pencapaian diri sendiri dalam tulis menulis. 

Salah satunya dengan membuat tangkapan layar untuk artikel-artikel saya di Kompasiana yang mendapat lebel pilihan editor, artikel utama, mencapai nilai tertinggi, masuk di kategori terpopuler, pencapaian K-Rewards, menang event yang diadakan Kompasianer, atau menang event yang diadakan komunitas di Kompasiana dan lain-lain.

Dokpri
Dokpri
Di tahun 2020 ini saya mendapat banyak kejutan dari kegiatan tulis menulis saya baik di Kompasiana maupun di blog Secangkir Kopi Bersama. Beberapa event yang memberi jejak pencapaian untuk saya diantaranya adalah event anniversary menulis di Kompasiana yang diadakan Pak Ikrom Zain dan Bu Muthiah Al Hasany. Saya mendapatkan hadiah buku karya pak Ikrom dan saya juga mendapatkan gelang cantik asal Turkey kenang-kenangan manis dari bu Muthiah. 

Dokpri
Dokpri
Selain itu dalam event lainnya yang diadakan Mbak Widz dalam berbagi kebaikan kepada sesama lewat tulisan, saya juga mendapatkan rewards uang Rp. 100.000,- Event lainnya di blog Secangkir Kopi Bersama selama bulan Ramadan kemaren, saya juga mendapat hadiah bonus pulsa Rp. 35.000.

Sumber Blog SKB
Sumber Blog SKB
Sementara K-Rewards saya selama 3 bulan berturut-turut mencapai total uang gopay sekitar 200 an ribu rupiah. Baiklah, itu mungkin jumlah yang tidak seberapa bagi sebagian orang ya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun