Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Empat Tips Menemukan Ide Menulis ala Gadis Pencinta Bunga

20 April 2020   05:00 Diperbarui: 20 April 2020   11:13 576
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tumpukan buku koleksi gadis pencinta bunga. Dokpri

Menulis menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang. Sama seperti rekan-rekan kompasianer, para penulis lainpun di segala media on line membutuhkan ide menulis. Lalu apakah Anda pernah mengalami buntu ide dalam menulis sebuah artikel? Iya ingin menulis tapi menulis apa? 

Ini dia empat tips menemukan ide menulis dari saya, si gadis pencinta bunga. 

1. Temukan inspirasi menulis di alam semesta sekitar kita.

Alam semesta karya Pencipta, Tuhan yang Maha Kuasa penuh dengan sumber inspirasi. Perhatikan baik-baik dengan seksama. Apakah Anda pernah melakukannya seperti saya? Sebagai pencinta bunga, hal-hal seputar dunia bunga pasti menarik perhatian saya. Misalnya ketika saya bepergian ke tempat wisata yang berbunga-bunga, itu bisa menjadi inspirasi tulisan. Contohnya tulisan saya tentang tempat wisata bunga berjudul: semaraknya-bunga-di-asgard-asmara-garden-klampok-banjarnegara-jateng. 

Bahkan bunga-bunga liar yang saya perhayikan tumbuh di tepi jalan saat saya jalan pagi pun bisa menjadi sebuah ide karya tulisan. Ini dia karya saya tentang bunga berjudul:  bunga-di-tepi-jalan-dalam-sebuah-perjalanan 

Bahkan saat saya harus stay at home alias di rumah saja, saya biasa mengamati alam kala senja di halaman depan rumah saya. Memang ada banyak pepohonan jadi burung-burung pun senang tinggal menetap di sana. Nah, itupun bisa jadi ide satu artikel, ini dia contohnya: potret-pemandangan-senja-di-halaman-depan-rumah-seri-burung-burung-kecil.

Bahkan saat saya mengamati aneka fenomena alam, itu bisa menjadi ide tulisan. Ketika banjir melanda sebagian besar di awal tahun 2020, kesedihan saya atas bencana alama inipun tertuang dalam artikel berjudul tahun-baru-mengapa-banjir-melanda. 

Bahkan karya puisi pertama yang juga merupakan artikel pertama saya di Kompasiana tentang alam. Simak tulisannya di sini : ketika-alam-marah

2. Temukan inspirasi menulis pada kegemaran/hobi kita

Menulis itu harus menyenangkan. Itu prinsip si gadis pencinta bunga yang juga penulis artikel ini. Lalu kalau menulis adalah hal yang menyenangkan, tentunya harus menikmati saat menulis. Kalau sampai Anda buntu ide, pikirkan kegemaran Anda selama ini. Kegemaran atau hobi pastinya merupakan hal positif, menyenangkan dan bermanfaat.

Si gadis pencinta bunga ini mempunyai hobi berkebun, maka jadilah tulisan tentang berkebun. Ini dia contoh tulisannya: Asyiknya bertanam-bunga-wijaya-kusuma dan aneka-bunga-di-halaman-rumah-ibu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun