Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Atika, Bahan Pangan Lokal Bergizi untuk Ibu Hamil

25 Februari 2020   07:00 Diperbarui: 25 Februari 2020   07:13 136 19 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atika, Bahan Pangan Lokal Bergizi untuk Ibu Hamil
Sumber foto diambil dari ajisabta blogspot

Bahan pangan lokal bernutrisi menjadi topik menarik bagi para peserta event sambung menyambung menjadi konten di Kompasiana. Dalam dua artikel saya sebelumnya, saya mengangkat tema singlong dan daun katuk. 

Keduanya termasuk bahan pangan lokal bernutrisi yang layak dikonsumsi. Singkong yang kaya karbohidrat bisa dijadikan pengganti nasi. Daun katuk yang banyak dikonsumsi ibu hamil untuk melancarkan ASI ternyata mempunyai lebih banyak manfaat. 

Pada artikel berikutnya, saya ingin mengangkat tema ATIKA, sebagai bahan pangan lokal bernutrisi yang baik dan penting untuk ibu hamil. Apa itu ATIKA? Apakah Anda tidak asing dengan istilah tersebut? 

Atika adalah singkatan dari Ati ayam, Telur dan Ikan. Bukankah ketiganya merupakan bahan pangan lokal bernutrisi tinggi? Terlebih jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengapa Atika penting bagi Ibu hamil. Mari kita bahas lebih lanjut. 

Apa saja kandungan dalam ati ayam, telur dan ikan? Kandungan zat besi dalam 1 porsi ati ayam setara dengan 1 gelas nasi x 9, atau satu setengah kilo nasi. 1 porsi ikan setara dengan 3,5 gelas nasi atau 3,5 ons, dan 1 porsi telur setara dengan 4 gelas nasi atau 4 ons. Anda bisa lihat lengkapnya dalam gambar ilustrasi di atas artikel ini. 

Tujuh manfaat dari zat besi bagi ibu hamil seperti yang dituliskan dalam artikel yang motherandbaby.co.id antara lain adalah:

1. Membangun sistem imun tubuh

2. Membantu produksi enzim

3. Memproduksi lebih banyak darah

4. Membangun otot

5. Menekan risiko keguguran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x