Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Bibit Tanaman Gratis dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siapa Mau?

6 September 2019   22:59 Diperbarui: 21 November 2019   19:26 0 15 7 Mohon Tunggu...
Bibit Tanaman Gratis dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siapa Mau?
Hutan Pinus di area Kabupaten Cilacap. Photo by Ari

Malam ini saya mendapat pesan WA dari salah satu rekan guru tentang program menarik yang digalakkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Program apakah itu? Iya, Kementrian LHK ini mengadakan program penghijauan melalui bagi-bagi bibit tanaman gratis untuk warga Indonesia. 

Untuk menghindari hoaks yang biasa terjafi di aneka forward pesan WA, saya langsung cek di internet. Salah satu info yang sama saya baca di Sini. Juga ada beberapa berita lainnya dengan isi yang sama. Sebagai seorang yang suka berkebun, informasi ini pasti sangat menarik hati saya. Apalagi setelah tahu ini info benar dan bukan hoaks. Segera saya sebarkan ke beberapa teman di group WA lainnya. Mulai dari teman SMP, SMA dan alumni kampus.

Ada seorang teman yang langsung merespon untuk segera datang ke lokasi tempat bibit tanaman disimpan. Tentu saja karena lokasi tempat tinggal teman saya dekat area penyimpanan bibit tanaman gratis tersebut. Seandainya rumah saya dekat, tentu saja saya juga akan melakukan hal yang sama. Meluncur dengan segera untuk mendapatkan bibit tanaman tersebut.

Beberapa info penting berkaitan dengan program ini bisa disimak pada link yang saya cantumkan di atas. Saya akan bagikan sedikit di sini. 

1. Sejatinya program ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 dengan tujuan penghijauan di lingkungan masyarakat

2. Bibit tanaman yang dibagikan harus ditanam dan akan dipantau.

3. Bibit tanaman yang dibagikan tidak boleh diperjualbelikan.

4. Bibit tanaman dibagikan gratis tanpa dipungut biaya.

5. Bibit tanaman bisa diminta perorangan ataupun kelompok/komunitas.

6.  Syarat permintaan bibit tanaman secara pribadi bisa dengan menunjukkan foto copy KTP, sementara kelompok harus membawa surat permohonan. 

Apakah Anda tertarik juga untuk mendapatkan bibit tanaman ini? Penting untuk diketahui kalau yang dibagikan adalah aneka bibit pohon termasuk pohon buah-buahan. Jadi bukan jenis tanaman hias. Bisa Anda bayangkan kalau Anda harus membeli. Berapa harganya ya? Tapi ini semua difasilitasi pemerintah untuk kita. Jadi mari manfaatkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2