Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Perluas Hutan Mangrove Kota untuk Menurunkan Tingkat Polusi

31 Agustus 2019   22:06 Diperbarui: 1 September 2019   07:38 0 26 8 Mohon Tunggu...
Perluas Hutan Mangrove Kota untuk Menurunkan Tingkat Polusi
Hutan Mangrove di Pulau Pari. Photo by Ari

Hutan Bakau atau dikenal sebagai mangrove mempunyai peran penting sebagai penghasil udara segar. Terlebih jika ada di kota besar dengan tingkat polusi tinggi. Keberadaan hutan Bakau ini sebagai penyeimbang yang menetralisir asap kendaraan bermotor. 

Apa itu Hutan Bakau? 

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-telukyang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Sumber Wikipedia

Hutan Mangrove di area Pulau Pari. Photo by Ari
Hutan Mangrove di area Pulau Pari. Photo by Ari
Hutan Bakau atau biasa kita kenal sebagai Mangrove sudah ada di kota Jakarta tapi saya belum pernah mengunjunginya. Tapi berikut ini info yang saya dapat dari internet. 

Ada dua hutan mangrove di Jakarta, yang pertama berlokasi di Jalan Pantai Indah Utara I, Jakarta Utara. Hutan ini bernama Hutan Mangrove Jakarta.Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke sini, yang ada hanya biaya parkir kendaraan. Namun tempat yang satu ini kurang direkomendasikan karena agak kotor dan sempit. Hutan mangrove yang kedua bernama Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Inilah tempat yang sekarang ini sedang populer di media sosial karena banyak tempat yang bisa digunakan untuk foto-foto. Hutan Mangrove ini berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Jakarta Utara, Indonesia.

Sumber: 1

Ada dua area di Jakarta yang mempunyai wisata hutan Mangrove. Sepertinya layak jadi destinasi wisata saya selanjutnya. Anda pernah ke sana?

Perahu nelayan setempat disewakan untuk berkeliling Magrove. Photo by Ari
Perahu nelayan setempat disewakan untuk berkeliling Magrove. Photo by Ari
Baiklah saya akan mengisahkan hutan Mangrove yang pernah saya kunjungi saja ya. Pertama adalah hutan Mangrove yang ada di sekitar Pulau Pari, salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Sata berkesempatan mengunjungi Pulau Pari bersama rekan-rekan guru dalam acara kebersamaan.

Di salah satu sisi Pulau Pari, ada Pantai bernama the Virgin Beach alias Pantai Perawan. Para nelayan menambatkan perahu di tepian pantai dan menawarkan untuk kami berwisata mengunjungi hutan Bakau yang tidak jauh dari pantai. Kami pun menerima tawaran tersebut. 

Foto saya bersama warga setempat, nelayan yang mengantar kami ke hutan Bakau. Photo by Ari
Foto saya bersama warga setempat, nelayan yang mengantar kami ke hutan Bakau. Photo by Ari
Seru, pastinya. Kami bisa berkeliling hutan bakau, melihat perairan yang jernih sampai bisa terlihat jelas pemandangan indah di bawah permukaan air. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x