Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Lekas Sembuh Ya, Miss

20 Juli 2019   07:18 Diperbarui: 20 Juli 2019   07:21 62 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lekas Sembuh Ya, Miss
Sekolah tempat saya menimba ilmu. SMAN 1 Purwokerto. Photo by Ari Budiyanti

Di sekolah tempat saya mengajar, para guru dipanggil Miss dan Mister, yang disingkat jafi Ms dan Mr. Miss untuk panggilan ke Ibu Guru. Mister untuk panggilan ke Bapak Guru.

Senin sampai Jumat minggu ini adalah hari-hari pertama murid masuk. Pada hari Jumat, hari ke 5 anak-anak belajar di kelas, sejak pagi kepala saya amat berat. Tapi saya masih bisa mengajar. Saya tetap datang ke sekolah dan mengajar. 

Mulai dari PJOK, Bahasa Inggris dan diakhiri pelajaran Tematik.

Saya akui kondisi saya semakin siang semakin tidak menentu. Kepala semakin berat. Saya menahannya setidaknya sampai selesai mengajar siswa, baru ijin pulang seandainya saya tidak kuat.

Hal yang menyentuh hati di tengah-tengah saya mengajar, seorang murid saya maju ke depan dan membisiki saya. 

"Lekas sembuh ya Miss" kalimat sederhana yang menyentuh hati. Diikuti oleh salah satu temannya juga. "Lekas sembuh Ms Ari"

Saya senang sekali. Di tengah kepala berat saya, ada sedikit yang meringankan. Doa dan harapan dari murid di kelas saya. Mereka memang awalnya tidak tahu kalau saya sakit kepala sejak di pagi hari. 

Tapi semakin siang semakin nampak saya kelelahan lebih dari biasanya karena kepala bertambah berat. Dan itulah bukti kasih dan perhatian mereka pada guru kelasnya.

Seorang guru memang selalu memperhatikan murid-muridnya. Mulai dari apakah mereka bawa bekal makan atau minuman. Tak jarang saya membelikan minuman air mineral di kantin untuk murid-murid yang lupa bawa minum.  

Tapi kalau murid yang memperhatikan gurunya, akan memberi keindahan tersendiri bagi gurunya. Dalam hal inj saya sedang membicarakan murid-murid dengan usia SD kelas 2. Jika sejak kecil sudah terbiasa memperhatikan dan peduli pada orang lain, maka akan lebih mudah dibentuk menjadi lebih lagi peduli hal-hal besar di masa dewasanya. Tentunya hal-hal yang berkaitan dengan kepedulian pada sesama manusia. 

Itulah kisah singkatku pagi ini untuk menemani akhir pekan Anda. Selamat berakhir pekan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x