Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sudah jadi Anggota Perpustakaan Nasional RI? Ayo Manfaatkan Fasilitas dari Pemerintah

9 Juli 2019   21:18 Diperbarui: 10 Juli 2019   18:21 0 28 13 Mohon Tunggu...
Sudah jadi Anggota Perpustakaan Nasional RI? Ayo Manfaatkan Fasilitas dari Pemerintah
Dokumen pribadi by Ari Budiyanti

Hari pertama masuk kerja diawali dengan ibadah bersama awal tahun ajaran. Selanjutnya kami para guru dan staf mendapat pembinaan dengan tema Literasi Informasi. Seminar singkat ini dibawakan oleh Ibu Dra. Esterina M. Jonatan, M Sc.  Beliau pernah menjadi pustakawan di UPH (Universitas Pelita Harapan) selama hampir 19 tahun.

Sajian seminar yang dibawakan sangat bermanfaat buat saya pribadi. Namun lain waktu saja ya saya ceritakan isi seminarnya. Tulisan kali ini hendak saya tujukan untuk membagikan informasi menarik yang diperkenalkan Ibu Esterina mengenai perpustakaan Nasional di Indonesia. Mungkin rekan-rekan pembaca sekalian sebenarnya sudah tahu. Maka informasi ini saya tujukan pada yang belum tahu saja.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dikenal sebagai PNRI, memberi fasilitas untuk mengakses aneka jurnal dan buku elektronik. Selanjutnya akan saya sebut sebagai ejournal dan ebook.

Kebutuhan akan literasi para siswa, mahasiswa, guru, dosen, tenaga profesional maupun masyarakat awam bisa dipenuhi melalui koleksi buku di perpusnas ini. Setidaknya, pemerintah berusaha memfasilitasi setiap kita para WNI tanpa kecuali. Terutama di daerah yang jauh dari kota besar. Kita bisa memanfaatkan dengan gratis melalui pendaftaran anggota secara online.

Dokumen pribadi. Design photo di photogrid. By Ari. Sumber website resmi PNRI
Dokumen pribadi. Design photo di photogrid. By Ari. Sumber website resmi PNRI
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar sebagai anggota di PNRI. Pendaftaran bisa dilakukan secara online. 

Anda bisa langsung buka website resmi PNRI berikut ini: 

http://e-resources.perpusnas.go.id/index.php

Link di atas baru bisa diakses setelah Anda memdapatkan nomor anggota. Cara mendapatkan nomor anggota PNRI adalah sebagai berikut:

1. Klik link pendaftaran anghota PNRI berikut ini:

http://keanggotaan.perpusnas.go.id

2. Klik pilihan Daftar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4