Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Mengisi Waktu dengan Hal-hal Bermanfaat

20 Mei 2019   16:11 Diperbarui: 20 Mei 2019   16:30 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membaca. Tentu saja semua yang kenal dekat dengan saya akan tahu, kalau itu hobi saya. Membaca bukan lagi menjadi sekedar hobi, tapi kebutuhan. Sama halnya dengan tubuh kita mempunyai kebutuhan utama, makanan dan minuman, demikian pula pikiran kita membutuhkan aneka bacaan yang baik.

Bacaan kesukaan saya untuk mengisi waktu luang biasanya adalah kisah-kisah fiksi. Cerita klasik anak yang sudah jadi International best seller. 

Heidi. Photo by Ari
Heidi. Photo by Ari
Misalnya kisah si gadis kecil Heidi, yang sudah yatim piatu dan harus tinggal dengan tantenya. Karena satu dan lain hal, tantenya membawa Heidi bertemu kakeknya yang tinggal di pegunungan dan menyendiri. Heidi yang penuh kasih dengan cepat bisa mengambil hati kakeknya. Namun untuk alasan cinta uang, tantenya menjemput Heidi lagi untuk dibawa ke kota dan menemani seorang gadis kaya raya yang lemah kakinya. 

Clara nama gadis itu, anak seorang yang kaya raya di Frankfurt, Jerman. Clara sangat baik pada Heidi dan berusaha agar Heidi betah tinggal terpisah jauh dari kakek yang sangat dicintainya. Rindu akan kampung halaman membuat Heidi sakit dan kurus. Akhirnya satu-satunya jalan untuk kesehatan Heidi, ia pun dipulangkan ke rumah kakeknya di pegunungan. Heidi sangat senang dan sehat kembali. Di suatu kesempatan, Clara dan neneknya mengunjungi tempat tinggal Heidi dan kakek di pegunungan. Dengan perawatan kakek Heidi, Clara sembuh dan bisa jalan lagi. 

Buku cerita klasik anak favorit saya. Photo by Ari
Buku cerita klasik anak favorit saya. Photo by Ari
Itu kisah yang super singkat dari saya. Cerita panjangnya sangat menarik dan menyentuh. Silakan Anda baca sendiri bukunya. Judul buku Heidi. Ditulis oleh Johanna Spyri. Bukan saja kisah tentang Heidi, ada kisah tentang Little Princess, Nello, Ceddie, Little Woman, Secret Garden dan lain-lain. Tentu saja saya tidak akan ceritakan satu persatu kisah dari buku-buku tersebut. Tapi mungkin nanti pada saatnya, bisa saya tuliskan resensi buku secara berseri. Bagaimana, apakah Anda setuju? 

Iya betul. Menulis. Selain membaca, menulis menjadi kegiatan berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang. Bagaimana ya kalau ada yang merasa tidak punya kemampuan menulis?

Ini ada sedikit saran dari saya, mulailah dengan merangkum buku bacaan. Jika Anda ingin melatih ketrampilan Anda dalam menulis, bisa dimulai dengan menulis ulang isi bacaan dari buku yang kita baca. Kegiatan ini pernah saya lakukan. Saya merangkum isi buku bacaan yang saya pinjam dari perpustakaan maupun dari teman. 

Salah satu buku tulis yang berisi rangkuman. Photo by Ari
Salah satu buku tulis yang berisi rangkuman. Photo by Ari
Merangkum buku bacaan, saya lakukan karena kebutuhan. Saya merasa belum bisa membeli buku-buku bagus karena alasan keuangan di masa lalu. Iya, masa-masa saya masih baru lulus kuliah. Saya punya banyak sekali buku tulis berisi rangkuman isi buku. Lalu saya juga mulai mengetik rangkuman saya di komputer. Dan file rangkuman buku tersebut sekarang sudah memberkati banyak teman yang memintanya. Senang juga kalau hasil rangkuman saya bermanfaat. 

Bila sudah terbiasa membaca dan merangkum, tentunya perbendaharaan kata yang kita miliki bertambah banyak. Mulailah mencoba merangkai tulisan sederhana karya sendiri. Misalnya bisa dalam bentuk puisi atau narasi singkat. Saya juga melakukannya di buku harian. Saya biasa berkisah di buku harian saya sejak SMP. Lama-lama saya mulai terbiasa menulis. 

Saya pernah memberanikan diri mengikuti lomba menulis meski tidak menang. Lalu juga mengirimkan karya saya ke buletin kampus dan ada beberapa yang dimuat. Malahan saya pernah kirim ke media online dan dimuat, saya bisa dapat hadiah hiburan berupa buku dan surat pemberitahuan bahwa karya saya dimuat di media online. Waktu itu, almarhum bapak saya yang menerima paketnya. Senang juga meski bukan hadiah dalam bentuk uang. 

Di kesempatan lain, karena saya mengikuti salah satu event dan tulisan saya dimuat juga, saya dapat langganan gratis buletin milik mereka yang dikirim ke tempat kos saya di Surabaya. Penghargaan-penghargaan yang sepertinya kecil itu sudah membuat hati bahagia tidak kepalang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun