Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.750 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 26-02-2024 dengan 2.142 highlight, 17 headline, dan 105.962 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Aneka Sajian Sehat #AntiRibet untuk Santap Sahur

13 Mei 2019   22:11 Diperbarui: 13 Mei 2019   22:24 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini Kompasiana mengajak kita berbagi resep sajian sehat untuk santap sahur dengan satu kriteria khusus yaitu #AntiRibet. Nah, karena ada dua kata itu, Anti Ribet berarti harus dipilih yang cara pembuatannya atau masaknya simpel alias sederhana. 

Kalau sudah berbicara tentang kelezatan makanan di keluarga saya, yang paling terkenal pasti masakan almarhum nenek saya. Menurut saya, nenek sangat pandai memasak. Karena kakek dan nenek saya, beliau berdua sudah almarhum, semasa hidupnya membuka warung nasi yang terkenal pada masanya di desa saya. Tapi, saya maupun ibu saya tidak pernah menulis resep-resep masakan dari almarhum nenek. 

Pernah waktu saya masih kuliah, pas liburan di rumah, saya coba masak sayur. Saya lupa sayur apa, rasanya tidak enak. Sepertinya saya saja yang masak tidak ingin memakannya. Tapi dengan "sentuhan ajaib" tangan nenek saya, masakan saya jadi bisa dimakan dan dinikmati. Maksudnya, masakan saya diperbaiki oleh nenek. Itu kenangan saya di masa lalu. Sayangnya beliau tidak bisa lagi saya ajak berdiskusi tentang topik hari ini.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Ibu saya juga suka memasak untuk kami anak-anaknya. Saya sering merindukan masakan Ibu. Salah satunya adalah sayur bintang/kecipir pedas asin. Mantap. Cara memasaknya juga mudah. Seperti kita memasak tumis sayuran pada umunya. Tapi di tempat kami terkenal dengan sebutan oseng-oseng sayur. 

....

Baiklah. Untuk mendapatkan data yang memadai secara aktual, pagi-pagi sekali saya mengirim pesan di tiga group WA yang saya ikuti. Group alumni teman SMP, group alumni teman SMA dan group alumni teman Kampus yang seangkatan dan sejurusan denan saya. Luar biasa respon teman-teman saya ini. Mereka bersedia berbagi resep sajian #AntiRibet untuk santap sahur. Teman-teman saya baik ya. 

Saya mulai dari teman SMP saya. Beberapa teman bercerita pada saya, biasanya mereka membuat sayur lebih banyak untuk berbuka puasa sekaligus untuk santap sahur. Hanya jenis lauknya saja yang biasanya diganti. Jadi waktunya santap sahur tinggal hangatkan saja sayurnya. 

Ini cerita teman-teman SMP saya, Karimatul, memasak sayur bening bayam untuk anaknya karena simpel cara memasaknya dan anaknya pasti suka. Bukankah itu sajian santap sahur yang sehat. 

Sayur bening bayam. Photo by Ari
Sayur bening bayam. Photo by Ari
Teman saya Irwanti juga menyampaikan tips memasak sayuran waktu sahur. Agar waktu memasak untuk santap sahur bisa lebih cepat, sebaiknya sayuran sudah dipotongi lebih dulu lalu masukan kulkas. Bangun tidur mau masak tinggal ambil dari kulkas dan sreng, masak deh,  cepat kan. Bumbu-bumbu juga sudah disiapkan.

Ada tambahan dari Lilis, tips lainnya adalah selalu siap sedia makanan kering yang siap disantap setiap saat seperti kering tempe, kering kentang, serundeng dan abon. Menurut saya, tips ini cukup menarik, untuk variasi sajian santap sahur. Bagaimana menurut Anda? 

Sementara untuk lauk, ketiga teman saya  dan juga Evi (teman SMP saya juga), biasanya membuat ayam goreng. Potongan daging ayam yang sudah dibumbui sebelumnya diungkep (dimasak/direbus dengan bumbu sampai setengah matang, simpan di kulkas). Waktu persiapan masak buat santap sahur, tinggal ambil saja ayam yang sudah diungkep dari kulkas dan goreng ayamnya. Sreng. Enak. Jadi pengen makan ayam goreng

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun