Nastiti Swargarani
Nastiti Swargarani

silent reader & admirer, just a girl with the universe inside her head.

Selanjutnya

Tutup

Jakarta highlight

Perusahaan Jangan Kolot dan Kaku, Nanti Nggak Laku

10 Oktober 2017   15:48 Diperbarui: 11 Oktober 2017   10:09 380 1 1
Perusahaan Jangan Kolot dan Kaku, Nanti Nggak Laku
Pekerja yang bahagia

Semua perusahaan tentu ingin memiliki team kemenangan atau Winning Team yang memiliki kinerja, performa, dan loyalitas yang tak perlu diragukan lagi pada seluruh aspek. Terdengar terlalu mengkhayal? Tidak juga, sih. Nyatanya hal tersebut sebenarnya dapat diwujudkan dalam organisasi. Selain mencari pekerja yang rajin, pekerja keras, dan fokus, sebaiknya perusahaan juga mulai mengembangkan potensi team yang memiliki produktivitas dan efisiensi kerja yang baik. Bagaimana cara melakukannya? Mulailah bangun lingkungan kerja yang memiliki tingkat sosialisasi yang tinggi, ramah dan akrab satu sama lain.

Menurut studi yang dilakukan oleh London School of Economics, melakukan sosialisasi dengan sesama kolega merupakan hal utama yang terbukti dapat membuat seseorang bahagia walaupun tidak sedang bekerja. Bahkan menurut Gallup, pekerja yang memiliki teman akrab dikantor menunjukkan tingkat motivasi dan kebahagiaan yang lebih tinggi dibanding yang tidak. Pekerja tersebut memiliki level healthy stress management yang lebih tinggi secara signifikan, walaupun sama-sama mengalami tingkat stress yang sama.

Mendorong peningkatan interaksi sosial ditempat kerja, meskipun diluar kepentingan teamwork, ternyata memiliki dampak positif dalam meningkatkan moral dan semangat seorang pekerja maupun team di suatu organisasi. Adanya sosialisasi positif di tempat kerja dapat meningkatkan kepercayaan sekaligus kesempatan untuk mengenal mereka sebagai pribadi sosial. 

Untuk mencapai produktivitas, komunikasi yang baik, dan kolaborasi, melakukan team bonding merupakan kunci utama. Dengan menciptakan suasana kerja dan lingkungan kerja yang menyenangkan, ramah, nyaman dan akrab satu sama lain, perusahaan dapat mengurangi tingkat resign karyawan ke level minimum.

Bagaimana cara terbaik mengakrabkan sesama pekerja di perusahaan?

  • Memiliki ruang makan yang cukup lega, meja piknik, serta ruang santai bagi pekerja untuk saling berkumpul dan bertukar pikiran
  • Melakukan kegiatan hiburan bersama-sama setiap beberapa waktu sekali. Hal ini penting untuk mengusir kejenuhan bekerja
  • Melakukan aktivitas membangun teamwork yang mudah dilakukan, seperti game sederhana yang menyenangkan dan tidak terlalu kompetitif
  • Memberlakukan aturan perusahaan yang lebih fleksibel dan mengikuti kondisi sosial jaman, contohnya memiliki toleransi keterlambatan waktu yang cukup tanpa memotong gaji karyawan, memudahkan izin dan keperluan lainnya, dll.

Bagaimanapun juga, ketika Anda memilih untuk mulai menerapkan sosialisasi lingkungan kerja yang akrab, tentu juga akan diikuti oleh meningkatnya interaksi pekerja yang positif yang pastinya berujung pada kesuksesan usaha Anda.