Mohon tunggu...
Nastiti Swargarani
Nastiti Swargarani Mohon Tunggu...

silent reader & admirer, just a girl with the universe inside her head.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Pengaruh Sistem Absensi Karyawan terhadap Kesuksesan Perusahaan

23 Agustus 2017   12:36 Diperbarui: 25 Oktober 2018   09:16 12438 1 0 Mohon Tunggu...

Kesuksesan suatu perusahaan terletak pada ketepatan waktu dan integritas yang dimiliki oleh karyawannya. Hanya memantau kerapatan absensi karyawan tiap bulan saja tidaklah cukup, perusahaan juga perlu memonitor ketaatan terhadap peraturan serta kultur yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Terlebih lagi sekarang, era dimana produktivitas kerja dan efisiensi menjadi dorongan utama bagi perusahaan untuk berkembang lebih baik dari kompetitor, mau tak mau membuat perusahaan harus terus berinovasi. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah memperbaiki sistem manajemen kehadiran karyawan yang fokus untuk meningkatkan produktivitas dan mengembangkan diri mereka dengan lebih efektif, namun tetap efisien.

 Saya jadi teringat kutipan populer dari Sir Richard Branson, CEO Virgin Group, yang kurang lebih mengatakan "Klien bukanlah yang utama, namun pegawai Andalah yang utama. Ketika Anda mengayomi pegawai dengan baik, maka mereka juga akan melakukan hal yang sama terhadap klien-klien Anda."

Sistem absensi karyawan sering kali disepelekan, padahal justru dari situlah fondasi terbentuknya loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Berikut 4 alasan utama kenapa setiap bisnis harus memiliki sistem manajemen absensi karyawan dan apa manfaatnya bagi perusahaan.

  • Inovasi Melalui Sistem absensi Karyawan Modern

Terlepas dari jenis dan skala perusahaan Anda, baik skala besar maupun kecil seperti Start-Up, memiliki sistem kehadiran adalah suatu keharusan yang berperan besar dalam perkembangan perusahaan baik dari segi bisnis dan kinerja karyawan Anda kedepannya.

Beberapa perusahaan masih menerapkan laporan kehadiran secara manual, yang mana sebenarnya hal ini sangat menguras waktu dan tenaga dengan hasil yang kurang efektif. Untuk hal ini, Anda bisa memanfaatkan mesin absensi yang sekaligus memiliki software personalia yang resmi. Integrasi yang baik antara mesin absensi dan software-nya akan sangat membantu divisi personalia dalam menerapkan sistem administrasi dan payroll yang tepat waktu bagi perusahaan.

  • Informasi dan Data Real-Time Menjadi Kekuatan Utama

Penggunaan mesin absensi tak hanya bermanfaat bagi perusahaan berskala menengah keatas namun juga sangat membantu perusahaan kecil. Perusahaan besar multi cabang akan sangat terbantu karena dapat lebih mudah mengorganisir karyawannya terutama dari segi administratif, sedangkan perusahaan kecil dapat terbantu dalam membentuk sebuah kultur perusahaan yang lebih disiplin dan teratur.

Perkembangan teknologi menawarkan metode baru dalam mengolah data karyawan. Absensi modern tak hanya meliputi scan kartu, jari dan wajah, namun juga absensi berteknologi cloud untuk kemudahan absen karyawan darimana saja menggunakan aplikasi di smartphone.

Perusahaan dapat mengolah dan menampung data absensi karyawan dari seluruh lokasi/cabang secara terpusat dan real-time, lalu mengaksesnya melalui internet dan aplikasi. Karyawan dapat melakukan absensi tanpa menghambat kinerja dan produktivitas mereka dari manapun.

  • Memaksimalkan Efisiensi dan Transparansi Dengan Teknologi Baru

Bagi perusahaan dengan multi-shift, mengatur jadwal kerja dan lemburan karyawan merupakan hal yang penting. Disinilah peran mesin dan software absensi sangat membantu perusahaan.

Dengan pengaturan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan pada software absensi, laporan data karyawan dapat diolah secara otomatis dan praktis. Selain meningkatkan efisiensi bisnis, hal ini juga penting untuk memastikan karyawan mendapatkan updah yang sesuai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x