Mohon tunggu...
Mr. aBc
Mr. aBc Mohon Tunggu... Guru PAK + BP @Standu Jaya Hoya

Salam Gloria Terima Kasih: sudah berkunjung, rating, dan koment kasihnya. fb: Potter Ari / ig: mr_abc_standu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pentingnya Menjaga dan Memberi Motivasi dalam PJJ

7 Agustus 2020   00:17 Diperbarui: 7 Agustus 2020   00:28 303 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Menjaga dan Memberi Motivasi dalam PJJ
Ilustrasi Saling Memotivasi (Sumber: pixabay.com)


"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." (Pramoedya Ananta Toer).

MOTIVASI

Malam ini, saat ini, setelah cukup lama tidak berkunjung dan menyapa sahabat kompasianer, saya mencoba mencari celah waktu, dan mencari inspirasi untuk mengajak dua jari ini menari di atas keyboard laptop. Mencoba mencari dan menuangkan beberapa ide yang terjepit situasi dan kondisi.

Jujur saja, setelah cukup lama tidak menulis, karena kesibukan PJJ/KBM online, maka dalam pikiran saya saat ini adalah saya sedang membuat video/materi pembelajaran online. Namun berusaha untuk saya sadari, bahwa saat ini saya sedang menulis.

Malam ini, saya tergerak untuk menulis tentang motivasi, pentingnya menjaga dan memberi motivasi dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebuah refleksi pribadi, setelah hampir satu bulan kembali aktif melaksanakan rutinitas di sekolah (terhitung sejak 13 Juli 2020).

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tahun pelajaran 2020-2021 sudah berjalan, dengan segala kemudahan dan kesulitan yang dialami oleh para guru, siswa, dan orang tua. Khususnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), bagi sekolah yang masih berada di wilayah zona merah Covid-19. 

Dalam proses perjalanan ini, penting sekali untuk tetap menjaga motivasi, menjaga mood, sehingga terjadi sinergi yang saling menguatkan. Sehingga bersama-sama dapat mencapai tujuan yang diharapkan: kegiatan belajar mengajar yang bermutu, berkualitas, meskipun secara online.

Motivasi: dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan teori Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah 'alasan' yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang.

Demikian juga harapan kita saat ini yang sedang melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), semoga saat ini masih memiliki motivasi yang baik, dan tinggi untuk mencapai tujuan bersama. Sesuai dengan tugas, dan tanggung jawab yang diberikan kepada kita, baik sebagai guru, siswa, dan orang tua.

MEMOTIVASI DIRI SENDIRI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x