Mohon tunggu...
Mr. aBc
Mr. aBc Mohon Tunggu... Salam Gloria

Berjiwa dan bersemangat sebagai guru muda Guru Pend. Agama Katolik dan Budi Pekerti SMPK St. Stanislaus 2 - Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Guru, Ajarlah Murid-Muridku

25 Juli 2020   01:10 Diperbarui: 25 Juli 2020   10:40 152 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guru, Ajarlah Murid-Muridku
Ilustrasi Guru dan Materi PJJ (Sumber: Pixabay.com)

Guruku, "Channel Youtube Anda" sekarang lebih berwarna, dan beragam. Isinya tidak lagi video jaman muda, atau video artis Korea. Namun sudah terisi dengan banyak video-video pembelajaran bagi para siswa di rumah. Selamat, anda hampir lulus ujian online ini.

Balada PJJ

Senin, 13 Juli 2020 bel tanda masuk tahun pelajaran baru 2020-2021 berdering dan berdentang 3 x di seluruh kompleks sekolah sebangsa dan setanah air Indonesia. Para guru bergegas dan bersiap untuk melaksanakan upacara bendera pembukaan tahun ajaran baru.

Namun ada yang aneh, jam segini kok sekolah masih sepi? Biasanya sudah ramai para siswa bercengkrama dan bernostalgia dengan sahabat, setelah libur panjang. Biasanya muncul wajah-wajah culun siswa baru, yang tersenyum bingung. Melambaikan tangan kepada mama-papanya yang menunggu di pintu gerbang sekolah. Bergegas berlari menghampiri, karena belum mendapat uang saku hari ini.

Akhirnya, para guru tersadar, ternyata cuaca belum terang dan kondisi belum normal. Maka para guru berinisiatif untuk mengadakan upacara bendera secara virtual, bersama para siswa dari layar kaca.

Karena latah, mendengar suara bel, beberapa oknum guru langsung mengambil buku, dan bergegas menuju ruang kelas. Mengetuk pintu kelas, sambil memberi salam, lantas masuk penuh wibawa. Membuka mata dan tertawa...(haluuu.....kalian dimana?).

Tiga Belas, katanya angka sial

Ternyata mitos itu "hampir" benar adanya:

  • Sial, bagi guru yang latah masuk ruang kelas
  • Sial, bagi guru yang belum punya sarana canggih
  • Sial, bagi guru yang belum belajar aplikasi PJJ
  • Sial, bagi guru yang belum punya media mengajar
  • Sial, bagi guru yang berangkat kerja kena tilang
  • Sial, bagi guru yang paginya belum sempat sarapan
  • Sial, bagi guru yang lupa pakai seragam apa?
  • Sial, bagi guru yang bingung mau kerjakan apa?
  • Sial, bagi guru yang semalam masih bergadang
  • Sial, bagi guru yang lupa alamat sekolahnya

Jangan menyerah kepada mitos, belajarlah dari mitos tawon klanceng (lanceng): dahulu beredar rumor agar kita tidak mendekat jika ada sarang tawon klanceng, karena ia suka masuk ke telinga kita. Bahkan jika harus melewati kumpulan tawon tersebut, kita harus menutup telinga dan hidung, agar tawon itu tidak bisa masuk. Ternyata, itu hanya mitos. Namun, untuk saat ini tetap tutuplah hidung kita memakai masker, agar klanceng Covid-19 tidak bisa masuk.

Justru kita bisa banyak belajar dari kehidupan tawon klanceng: tubuhnya memang kecil, namun unggul dalam hal mobilitas, meskipun ia tidak memiliki sengat seperti tawon lainnya. Biarpun tubuhnya mungil dan hitam, namun yang menarik dari lebah klanceng trigona ini adalah pergerakannya lincah dan ulet. Mampu menghasilkan madu yang langka, mahal harganya, dan berkhasiat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x