Mohon tunggu...
ARFI HILMIATI
ARFI HILMIATI Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang

Siap berkontribusi siap membawa perubahan bagi negeri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Membaca Alam, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ajak Anak TPQ Darul Falah Meneropong Bulan

22 November 2020   11:40 Diperbarui: 22 November 2020   11:43 2 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca Alam, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ajak Anak TPQ Darul Falah Meneropong Bulan
Pengamatan bulan (Dokpri)

MAJENANG - Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah angkatan 75 UIN Walisongo Semarang ajak anak-anak TPQ Masjid Darul Falah Dusun Gempalan Desa Salebu Kecamatan Majenang Provinsi Jawa Tengah membaca alam dengan meneropong bulan menggunakan Teleskop, Selasa (03/11/2020).

Awalnya kegiatan anak-anak TPQ Dusun Gempalan Desa Salebu hanya terfokus pada belajar ilmu-ilmu agama, seperti madrasah diniyah yang dilaksanakan pada sore hari dilanjutkan dengan mengaji al-Quran dan Iqra setelah magrib. 

Namun, melihat lingkungan yang berada di pegunungan dan masih sedikitnya polusi cahaya, inisiatif Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah angkatan 75 UIN Walisongo Semarang mengajak anak-anak untuk membaca alam semesta dengan melakukan pengamatan bulan sebagai aplikasi teori yang telah didapat di bangku perkuliahan.

Bapak Akbar selaku imam masjid Darul Falah Dusun Gempalan Desa Salebu sekaligus pengasuh anak-anak TPQ mengungkapkan bahwa selama ini anak-anak TPQ belum pernah melihat bulan secara dekat dengan menggunakan teleskop, sehingga kegiatan ini sangat menambah wawasan dan pengalaman baru bagi anak-anak TPQ.

"Semangat anak-anak sangat luar biasa dan mereka menunjukkan kekagumannya setelah melihat bulan secara dekat dengan teleskop." Jelas Bapak Akbar.

Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah jurusan Ilmu Falak, M. Alfan Ali Mushtafa selaku pemberi materi anak-anak TPQ dalam meneropong bulan mengawali kegiatan tersebut dengan menjelaskan bagian-bagian teleskop beserta fungsinya, selanjutnya Alfan memasang dan mengarahkan teleskop ke bulan, sempat terjadi problem, tiba-tiba bulan tertutup awan, kekecewaan terpancar dari wajah anak-anak TPQ. 

Namun, tidak lama kemudian bulan muncul kembali sehingga teriakan gembira anak-anak menggema. Akhirnya bulan dapat terbidik dengan tepat dan satu persatu anak-anak TPQ melihat bentuk nyata bulan dengan teleskop.

"Alhamdulillah akhirnya pengamatan bulan ini dapat berjalan dengan lancar, walaupun awalnya sedikit pesimis karena cuaca yang kurang mendukung, bulan sempat tertutup awan." Tutur Alfan

Tak hanya seorang diri, M. Alfan Ali Musthafa di bantu oleh rekan-rekannya sesama peserta KKN Reguler Dari Rumah UIN Walisongo Semarang, Ahmad Zainul Fuad, Nayyir Mubarok, Arfi Hilmiati, Aprillia Kuny dan Atika Yunita sebagai pendamping anak-anak TPQ dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x