Mohon tunggu...
Arfiany Nur Amalia
Arfiany Nur Amalia Mohon Tunggu... Tugas Filsafat Pendidikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Be yourself

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Idealisme dan Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Idealisme

31 Maret 2020   11:58 Diperbarui: 10 April 2020   17:59 22 0 0 Mohon Tunggu...

Filsafat idealisme berasal dari Plato, yaitu filsuf Yunani yang hidup pada tahun 347-427 SM. Idealisme digunakan sebagai nama untuk teori tentang ide-ide arketip (archetypal ideas) dan untuk doktrin epistemologi Rene Descartes dan John Locke yang menyatakan bahwa ide yang dalam doktrin ini adalah objek pemahaman manusia yang bersifat subjektif dan dimiliki secara pribadi. Dalam pengertian filsafat idealisme adalah sistem filsafat yang menekankan pentingnya keunggulan pikiran, roh atau jiwa daripada hal-hal yang bersifat kebendaan atau material. 

Tokoh - Tokoh Filsafat Pendidikan Idealisme

a. Plato (427-374 SM) 

Ide merupakan inti dasar dari seluruh filsafat yang diajarkan oleh Plato, ia beranggapan bahwa ide merupakan suatu yang objektif, adanya ide terlepas dari subyek yang berfikir, ide tidak diciptakan oleh pemikiran individu tetapi sebaliknya. Plato menerangkan teori 2 dunia yaitu dunia yang mencakup benda-benda jasmani yang disajikan oleh panca indra, sifat dari dunia ini tidak tetap terus berubah dan tidak ada suatu kesempurnaan, dunia lainnya adalah dunia ide yang bersifat abadi dan sempurna. 

b. Hegel (1770-1831) 

dikenal sebagai filosof yang menggunakan dialektika sebagai metode berfilsafat, menurut Hegel yang mutlak adalah roh yang menggunakan diri didalam alam dengan maksud agar dapat sadar dirinya sendiri. Hakikat roh adalah ide atau pikiran, pernyataan Hegel yang terkenal adalah semuanya yang real bersifat rasional dan rasional yang bersifat real, maksudnya bahwa luasnya rasional sama dengan luasnya realitas. 

c. Imanuel Khan (1724-1808) 

Khan merupakan salah satu seorang tokoh masa pencerahan, menurut Khan semua pengetahuan mulai dari pengalaman, namun tidak berarti semua dari pengalaman. Objek yang diluar ditangkap oleh indra tetapi rasio mengorganisasikan bahan-bahan yang diperoleh dari pengalaman tersebut. 

d. Al - Ghazali

al - ghazali adalah penganut paham idealisme, al - ghazali termasuk ke dalam kelompok sufistik yang banyak menaruh perhatian yang besar terhadap pendidikan, karena pendidikan yang banyak menentukan corak kehidupan suatu bangsa dan pemikirannya. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x