Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bagaimana Cara Mengasuh Orang Tua Lansia?

3 Mei 2023   05:25 Diperbarui: 3 Mei 2023   05:28 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagaimana Cara Mengasuh Orang Tua  Lansia ?

Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul

Saat silaturahmi lebaran, penulis menyempatkan mampir di rumah seorang kawan lama, kawan karib yang seiya se kata, walaupun kami di lahirkan dari orang tua yang berbeda, namun ke dekatan kami berdua sangat baik, sehingga cerita apa pun kami selalu bahas.

Kawan karib penulis saat ini bekerja di salah satu Dinas, yang melindungi lansia-lansia, baik lansia terlantar tanpa keluarga maupun lansia yang memang sengaja di titipkan.

Penulis pun saat ini yang juga memiliki orang tua yang sudah lansia, begitu pula kawan karib itu mengasuh orang tua nya sendiri yang sudah lansia juga, penulis pun jadi tertarik mendengarkan cerita-cerita kawan itu, suka duka bekerja mengurus lansia, ada satu hal yang sangat menarik, katanya " jangan malas mengajak ngobrol orang tua yang sedang kita asuh, dan obrolannya pun adalah obrolan tentang masa lalunya yang membahagiakan".

Jangan menanyakan pada orang tua yang lansia tentang masa sedih, namun ngobrol lah dengan topik-topik masa lalu yang indah dan yang membuat orang tua itu tertawa.

Wah, ini tambahan ilmu buat penulis juga dalam mengasuh orang tua sendiri dirumah.

Kangen-kangenan dan silaturahmi ke kawan karib ini sangatlah menyenangkan, dan memang tak salah sebuah pepatah " silaturahmi itu penting, akan memperpanjang usia dan  menambah rejeki, maka penulis kali ini mendapatkan rejeki yaitu suatu ilmu yang bermanfaat.

Maka, karena obrolan dengan kawan lama menarik dan bermanfaat, dan penulis menuangkan nya dalam tulisan ini, semoga bermanfaat.

Memang, mengasuh orang tua yang sudah lanjut usia dapat menjadi tugas yang sangat menantang, namun juga sangat penting untuk memastikan kesejahteraan orang tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun