Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Wisata di Kota Palu Sulawesi Tengah Semakin Menarik, Menantang, dan Memancarkan Pesona Keindahan

22 Januari 2023   20:54 Diperbarui: 22 Januari 2023   20:57 2024
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata di Kota Palu Semakin Menarik,  Menantang serta Memancarkan Pesona Keindahan

By : arfiani yulianti fiyul

Tak terasa sudah 5 (lima) tahun ini penulis tidak pulang kampung halaman, kampung halaman penulis adalah di Kota Palu Sulawesi Tengah, semua keluarga besar kumpul di Palu dan kami ini adalah sebagian keluar yang hijrah ke Jawa Barat, bersama keluarga kecil, kakak beradik serta orang tua. 

5 (lima tahun yang lalu kami sekeluarga pulang ke Sulawesi (Palu dan Donggala), pas seminggu pulang dari Palu ada kejadian luar biasa yang menerpa bumi Sulawesi khususnya kampung halaman penulis yaitu Sulawesi Tengah, ada kejadian luar biasa yang terjadi guncangan hebat, tsunami dan likupaksi, sehingga memporak pondakan IbuKota Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Palu dan sekitarnya. 

Porak poranda, hancur seketika diterjang gelombang Tsunami dan bergeraknya tanah yang disebut kejadian Likuipaksi.  Dalam bencana alam tersebut, banyak anggota keluarga kami yang menjadi korban bencana alam saat itu menyisakan duka dalam hingga saat ini, namun ini suatu kejadian kehendak Tuhan yang harus di terima dengan ikhlas dan sabar oleh keluarga besar kami.  Doa kami semoga semua keluarga , teman dan masyarakat semua terkena musibah pada saat itu semua amal ibadahnya di terima oleh Allah SWT.  Aaminn

Walaupun penulis sudah berada di Provinsi lain, namun komunikasi dengan teman-teman dan keluarga tetap berjalan, sehingga apapun berita terbaru selalu tersampaikan kepada penulis walaupun penulis saat ini sudah  berada jauh dari kampung halaman, yaitu hijrah ke Jawa Barat.  Informasi apapun pasti "actual" dan secepat kilat sampai, begitu pula berita dari penulis secepat kilat sampai pada teman dan keluarga , media komunikasi, adanya media sosial yang sangat luar bisa dahsyat manfaatnya.

Penulis sebagai seorang pengajar, mungkin di bulan februari ada libur beberapa waktu, dan  teman-teman yang profesinya sesama pengajar yang ada di palu sudah saling berbagi dan mengajak "hayo liburan ke Palu donk", lanjut kata teman-teman "sekarang  Kota Palu sudah banyak sekali perubahannya , lanjut kata teman "banyak destinasi wisata yang terbaru sejak dibangun kembali setelah peristiwa Tsunami tersebut  di tahun 2018. 

Wah... menarik juga nih, mumpung libur dan kayaknya bisa terbang ke Palu, dari cerita teman-teman di Palu saat ini sudah banyak sekali destinasi Wisata yang dapat dikunjungi juga kuliner nya sangat menggoda untuk menaikkan berat badan, maka penulis pun mencoba mencari info dari beberapa laporan situs, dan penulis mencoba intip  sejauh mana sih tempat wisata yang ada di Palu ? kali ini penulis sudah mendengar cerita dari beberapa teman dan penulis juga mencari tahu sendiri destinasi wisata, maka akan penulis sampaikan berita indah bagi sobat pembaca siapa tahu bisa bareng dan ketemu di Palu juga,  ok destinasi wisata yang penulis yakin dan diyakinkan oleh teman-teman di Palu,  bagus , antara lain :

1. Pusentasi

Tempat wisata ada yang di Kota Palu Namanya Pusentasi.   Pusentasi ini tempat wisata yang sedang hits,  Arti Pusentasi ini dari nama daerah Sulawesi Tengah artinya Pusar Air Laut atau Sumur Laut. Para pengunjung akan bisa melihat betapa jernihnya air laut yang dikelilingi batu karang yang membentuk seolah berada di sebuah sumur raksasa, kalau tidak salah kala penulis masih tinggal di Sulawesi Tengah tempat wisata ini sudah ada dan penulis sudah pernah kesana tempat itu, namun saja berita terbaru dari teman-teman di Palu sudah lebih di tata dengan baik sehingga sangat menarik untuk dikunjungi

2. Gunung Gawalise

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun