Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Yuk Komunikasi yang Menarik

19 November 2022   22:19 Diperbarui: 19 November 2022   22:35 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yuuukkkk....komunikasi yang "Menarik"

Akan sangat menyenangkan saat bertemu orang lain dan dapat melakukan sebuah komunikasi.  Sobat pembaca, tidak asing bagi kita mendengar istilah komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi, memang istilah ini sangat sederhana atau nampak sederhana karena pemahaman masyarakat luas mengenai komunikasi justru mengesankan.

Sobat pembaca, pengertian komunikasi interpersonal dimana komunikasi interpersonal itu merupakan suatu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain ataupun kepada pihak lain,  Nah, dari pemahaman komunikasi itu dikaitkan dengan pertukaran informasi yang bermakna dan akan membawa hasil antara orang-orang yang saling berkomunikasi.  

Komunikasi interpersonal sendiri itu menghendaki informasi atau pesan dapat tersampaikan dan hubungan diantara orang-orang yang berkomunikasi dapat terjalin dengan baik oleh karena itu setiap orang ataupun tujuan dari komunikasi itu maka dituntut suatu keterampilan komunikasi interpersonal agar mereka itu bisa berbagi informasi bergaul dan menjalin kerjasama untuk bisa bertahan hidup dan mencapai tujuannya. 

Konteks dari komunikasi interpersonal khususnya dalam bentuk kegiatan diad (dua orang) selalu melibatkan tingkat intrapersonal jadi tingkatan dan konteks komunikasi mewakili satuan terkecil interaksi manusia sebelum beranjak ke dalam tingkatan dan jangkauan komunikasi. 

Komunikasi interpersonal mencakup semua jenis hubungan manusia mulai dari hubungan yang paling singkat sederhana dan biasa yang seringkali diwarnai oleh kesan pertama hingga hubungan yang paling mendalam dan relatif permanen.  

Dalam suatu tulisan yang disampaikan Mulyana komunikasi interpersonal diartikan sebagai komunikasi antara orang-orang secara tatap muka yang memungkinkan setiap peserta/audien menangkap reaksi orang lain secara langsung baik secara verbal ataupun nonverbal, selanjutnya dikatakan oleh Mulyana bentuk khusus dari komunikasi antar pribadi adalah komunikasi diadik yang melibatkan hanya dua orang.  

Contoh yang terdekat di sini seperti guru dengan siswanya.   Komunikasi demikian menunjukkan pihak-pihak yang berkomunikasi berada dalam jarak dekat dan mereka saling mengirim dan menerima pesan baik verbal ataupun nonverbal secara simultan dan spontan.  

Pada dasarnya setiap proses komunikasi pasti bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi hingga pesan tersebut dapat diterima oleh si penerima secepat mungkin melalui apapun bentuk dan cara penyampaiannya, namun kadang kala komunikasi ada kendala juga, yang sering terjadi pesan atau informasi itu berubah arti atau dikatakan distorsi dari pesan yang diterima terjadi penyimpangan atau kekeliruan bisa saja dikarenakan akibat dari noise dalam proses komunikasi.

Untuk menghindari terjadi penyimpangan dalam komunikasi maka perlu mengasah kompetensi dalam komunikasi.  Kompetensi komunikasi itu mengacu pada kemampuan kita untuk berkomunikasi secara efektif, kompetensi ini mencakup pengetahuan tentang peran lingkungan dalam mempengaruhi isi bentuk dari komunikasi.  

Memahami topik suatu pembicara, karena harapannya setelah terjadi komunikasi maka ada umpan balik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun