Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pohon Jati nan Menjulang

2 Agustus 2022   16:54 Diperbarui: 2 Agustus 2022   19:05 187 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pohon Jati Menjulang/Dok Pribadi

Pagi hari motor sudah tersedia "standby" untuk membawa kami bertugas kelapangan menyusuri hutan, perkebunan tebu, jati, karet, persawahan dan tepi sungai serta katanya ada jalan yang sepi tak ada penduduk dan banyak begal jalanan nya. Ih...tatutttttt.....

Udara pagi di  Kabupaten Subang Jawa Barat masih dingin dan matahari masih malu-malu untuk muncul karena memang masih menunjukan belum waktunya untuk matahari keluar  dari putarannya, namun motor kami sudah harus melaju.   Jreng...jreng   ngeng ngeng ngengggg.  

Tas Rangsel dan helm sudah memberatkan kepalaku dan punggungku.  Rangsel yang berisi penuh amunisi untuk bekerja dilapangan,  yaitu : ada laptop, ada mouse, ada sambungan listrik ada air minum satu botol dan yang tak pernah lupa ada peralatan wanita lipstik, bedak dan beberapa teman kosmetik lainnya...Hahahhahha

Motor terus melaju, kali ini aku dan kendaraan motor sudah memasuki wilayah kebun tebu,  Asiik ya....kirain pemandangan pohon tebu gini banyaknya di Jawa Timur saja yang memproduksi gula pasir, ternyata di Jawa Barat wilayah Kabupaten Subang ada juga ya. 

Pagi ini, tugas pengabdian menuju suatu tempat yang namanya "Kalijati",  Subang Jawa Barat.  Nah karena Nama daerah kalijati, maka sepanjang jalan juga aku melihat banyak perkebunan Pohon Jati yang sudah menjulang tinggi, ternyata itulah sebab mulanya dinamakan wilayah kalijati karena memang terdapat banyak pepohonan jati.  

Kalau melihat banyaknya nya pohon jati dan aku juga suka dengar keistimewaan dari pohon Jati, kalau sudah diolah  menjadi furniture dari bahan jati, harganya luar biasa mahal,  aku coba telusuri ya seberapa hebat dan manfaatnya pohon jati ini.

Deskripsi Pohon jati

Sekedar informasi, Pohon jati adalah jenis pohon dengan nama ilmiah Tectona grandis Linn. Pohon ini termasuk pohon penghasil kayu berkualitas tinggi.  

Dalam bahasa Inggris, pohon yang dikenal dengan nama "teak" ini menghasilkan kayu jati yang sangat kuat dan awet. Hasil dari kayu pohon jati saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia, misalnya bahan baku furniture, mebel, peralatan rumah tangga serta penyangga struktur bangunan.

Adapun ciri-ciri batangnya adalah: Pohon jati mampu tumbuh dengan diameter batang pohon berukuran 1,8 meter hingga 2,4 meter dengan ketinggian pohon mencapai 40 meter hingga 45 meter, serta tinggi bebas cabang sekitar 20 meter hingga 25 meter. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan