ARIAN FAZA
ARIAN FAZA

Penulis di Blog ARFAUTO MEDIA

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Bahaya Menghidupkan AC Setelah Parkir di Tempat Terbuka

31 Oktober 2017   23:33 Diperbarui: 1 November 2017   00:09 1999 0 0

ARFAUTO MEDIA-AC mobil memang sebuah fitur kenyamanan yang wajib ada untuk mobil jaman sekarang.Dengan menghidupkan AC saat berada di dalam mobil kita akan akam merasa nyaman dalam berkendara.

Tapi ada satu hal yang perlu Anda ketahui  jika menghidupkanAC saat baru masuk ke mobil adalah suatu  tindakan yang berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit berat.

Menurut penelitian, radiasi sinar matahari bisa  menimbulkan reaksi kimia, antara material plastik, parfum mobil, bahan jok, dan material  lain di kabin. Dengan suhu yang panas di dalam kabin  akan tercipta berbagai zat baru, di antaranya adalah benzena yang disinyalir sebagai racun penyebab penyakit kanker.

Jadi semburan  udara AC  saat pertama kita masuk mobil akan terkontaminasi dengan racun yang berbahaya seperti dikutip dari laman resmi Daihatsu.

Selain penyakit kanker,  racun benzena juga dapat  merusak tulang-tulung tubuh kita,  bisa menyebabkan anemia, bisa menurunkan sel darah putih, dan lebih parah lagi bisa mengakibatkan  leukimia kalau terlalu sering menghirupnya.

Perlu diingat,bahwa tingkat toleransi benzena di kabin  untuk manusia adalah sebesar 50mg/ft2. Sedangakan  mobil yang terparkir di luar  dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg benzena dan akan naik  hingga mencapai 2.000-4.000 mg jika parkir di bawah sinar matahari pada suhu 15 derajat celcius ke atas.

Untuk menghindari semua bahaya dari kandungan racun dalam kabin mobil  agar tidak terhirup oleh kita maka anda harus membuka semua jendela mobil sebelum menghidupkan AC.Setelah kisaran 4 sampai 5 menitan baru kita hidupkan AC.

Dengan membuka semua jendela mobil maka udara panas dan semua racun yang bercampur di dalamnya
akan keluar semua.Tindakan ini juga bisa membuat AC bisa cepat dingin saat baru dihidupkan.

Sumberreferensi: ARFAUTO MEDIA