Mohon tunggu...
Ares Brilatin
Ares Brilatin Mohon Tunggu... Guru - Guru SD Negeri Bumijo Yogyakarta

Tinggal di Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pesta untuk Anak Digelar Sukses di Tengah Pandemi

24 Juli 2021   08:21 Diperbarui: 24 Juli 2021   18:21 37 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesta untuk Anak Digelar Sukses di Tengah Pandemi
Dok. pribadi

Anak- anak berkumpul dari berbagai wilayah seluruh Nusantara di sebuah pesta, padahal masih masa pandemi covid19. Bahkan orang tuanya ikut lho. Tak hanya itu, selama 2 hari pesta digelar sangat meriah. Kok bisa??

Ini semua berkat pandawajunior.id yang mengadakan kegiatan edukasi bertajuk Pesta Dongeng Pandawa yang digelar secara zoom meeting dan Gather town, pada Sabtu-Minggu, 17 dan 18 Juli 2021.

Rundown acaranya sangat bermanfaat, terdiri dari Acara Parents Talk dan Episodic Event dengan narasumber seorang psikolog cantik yaitu Bu Efnie Indrianie, M.Psi. yang membahas emosi anak vs emosi orang tua.

Dilanjutkan dengan kegiatan mendongeng yang dibawakan oleh salah satu pendongeng terbaik, yaitu Kak Aio dari Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Acara ini dikemas sangat menarik. Orang tua dapat berinteraksi dengan narasumber, dan anak- anak dapat berinteraksi dengan pendongeng. Bahkan ada kegiatan giveaway dari panitia untuk peserta.

Melalui Parents Talk, orang tua jadi paham pentingnya mengelola emosi anak. Anak yang mampu mengelola dan mengendalikan emosinya dengan baik, akan dapat mengendalikan diri termasuk kecerdasan intelektual, keterampilan, dan sikap sosial.
Salah satu media pengelola emosi anak, yaitu kegiatan mendongeng.

pandawajunior.id memiliki perhatian terhadap kebutuhan tumbuh kembang emosi anak. Wujud perhatian itu diberikan melalui pengadaan kegiatan "Pesta Dongeng Pandawa" yang diadakan secara gratis dan dapat diikuti oleh peserta di seluruh penjuru Nusantara.
Kegiatan ini sukses, dengan mengimplementasikan kegiatan interaktif melalui kecanggihan media digital.

pandawajunior.id memahami bahwa anak-anak tertarik pada hal-hal yang seru, imajinatif, dan memancing rasa ingin tahunya. Daya khayal anak yang luas, tidak terbatas dan imajinatif tentu akan semakin mempermudah penerimaan nilai dari dongeng yang diberikan untuk mendukung dalam membangun cita-cita, membangun emosi positif dan menanamkan nilai agama pada anak. Cerita yang disampaikan oleh pendongeng juga akan memperkuat pengetahuan mereka mengenai emosi. Mulai dari karakter tokoh, alur cerita, hingga gaya penyampaian pendongeng yang menarik.
Oleh karena itu, dongeng sangat bermanfaat bagi perkembangan emosional anak, meskipun seiring dengan perkembangan kognitif, usia serta pembelajaran dari lingkungan anak akan mengetahui bahwa dongeng itu tidak nyata tetapi nilai-nilai yang disampaikan akan tertanam dan membekas kedalam dirinya.

Tokoh yang dibawakan merupakan tokoh- tokoh heroik yang diangkat dari wayang. Sehingga dongeng pandawa telah turut serta mengenalkan tokoh kepahlawanan dalam pewayangan kepada anak- anak agar wayang sebagai budaya luhur bangsa tetap lestari. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN