Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Buruh - Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

7 Pahlawan Perkeretaapian

19 Agustus 2023   20:54 Diperbarui: 19 Agustus 2023   21:04 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pramugari mengarahkan calon penumpang. | Dokumen pribadi.

Dalam dua puluh lima tahun terakhir perubahan menejerial KAI telah meningkatkan pelayanan kenyamanan dan keamanan penumpang.
Layanan prima mulai dari pembelian tiket yang dapat dipesan secara online satu bulan sebelum keberangkatan hingga turun sesampainya di stasiun tujuan.
Pengalaman puluhan kali naik kereta api lokal, jarak jauh, ekonomis, bisnis, eksekutif, maupun komuter dan sebagai railfans, ada beberapa petugas yang patut dianggap sebagai pahlawan perkeretaapian dalam menjalankan tugas serta meningkatkan pelayanan.

Senyuman masinis menyapa railfans. | Dokumen pribadi.
Senyuman masinis menyapa railfans. | Dokumen pribadi.
Masinis. Walaupun sekarang agak sulit berbincang atau sekedar memoto masinis tetapi hal ini bisa dirasakan saat kereta api mulai berjalan dan saat berhenti. Tak ada hentakan atau tarikan yang membuat kereta api seperti disentak.

Penjaga pintu masuk. | Dokumen pribadi.
Penjaga pintu masuk. | Dokumen pribadi.

- Penjaga tiket masuk. Sekalipun ada penumpang yang tidak mempunyai aplikasi KAI Access selalu dibantu lewat smartphone petugas dengan scan wajah penumpang.

Dokumen pribadi.
Dokumen pribadi.

- Pramugari. Pramugari bukan hanya menyambut dan mengarahkan ke gerbong yang benar tetapi juga menawarkan makanan dan minuman secara lembut dengan senyuman manis.

Memeriksa gerbong setelah penumpang turun semua. | Dokumen pribadi 
Memeriksa gerbong setelah penumpang turun semua. | Dokumen pribadi 

- Kondektur. Kondektur pada masa kini tidak lagi memeriksa tiket penumpang tetapi mengontrol posisi penumpang lewat smartphone. Sekalipun jumlah penumpang sedikit jika duduk tidak sesuai no kursi maka akan diberitahu untuk pindah. Apalagi selisih satu nomer atau lebih. Kecuali hanya selisih satu huruf saja. Misalnya duduk di kursi 10B padahal di tiket tertulis 10C.
Saat kereta sampai di stasiun terakhir, kondektur selalu berjalan dari gerbong pertama hingga terakhir untuk memeriksa adakah barang penumpang yang ketinggalan. Jika ditemukan akan dititipkan di kantor stasiun terakhir. Penumpang yang kehilangan pun bisa mengambilnya.

Mencuci gerbong kereta api. | Dokumen pribadi.
Mencuci gerbong kereta api. | Dokumen pribadi.

- Petugas kebersihan. Petugas kebersihan di sini bukan hanya petugas yang mengambil sampah di dalam kereta api. Ada juga petugas yang merawat kebersihan dengan memandikan badan kereta api agar tetap tampil cantik, gagah, dan cerah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun