Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Buruh - Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Hal-hal yang Jarang Lagi Dilakukan di Sawah

1 Juli 2022   13:38 Diperbarui: 5 Juli 2022   16:00 388 44 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sawah sebagai lahan pertanian pada masa lalu bukan sekedar tempat bercocoktanam tetapi juga menjadi sebuah institusi tempat di mana masyarakat membicarakan segala sesuatu tentang kehidupan bermasyarakat. Bukan hanya seluk beluk bertani tetapi juga tentang budaya pemecahan sebuah masalah yang dihadapi bersama. 

Perputaran jaman dan pengaruh budaya luar termasuk agama sedikit banyak mengubah perilaku masyarakat. Sawah sebagai sebagai institusi kemasyarakatan kini berubah menjadi sekedar tempat bercocoktanam.

Beberapa hal yang sedikit sekali terlihat di sawah saat ini. 

Tradisi Wiwit.

Menjelang panen, terutama padi dan palawija para petani biasanya mengadakan upacara Wiwit sebagai ucapan syukur dan berharap hasil penen yang melimpah kepada Sang Maha Kuasa. 

Tradisi ini dilakukan di pinggir sawah bersama keluarga besar dengan melakukan berdoa bersama dilanjutkan makan bersama. Tak lupa disediakan sesaji untuk mengenang para leluhur yang telah membuka lahan pada masa lalu. 

Upacara Wiwit dipimpin oleh sesepuh desa atau kepala keluarga.

Pada masa kini, ritual ini sangat jarang dilakukan dengan berbagai alasan. Bahwa di beberapa tempat diadakan oleh sebuah komunitas lebih bersifat seremonial untuk mengenang sebuah tradisi luhur daripada sebuah ritual yang seharusnya dijunjung. 

Jika ada sebagian petani mengadakan lebih bersifat pribadi tanpa melibatkan keluarga apalagi keluarga besar dengan melibatkan sesepuh desa. Bahkan melakukannya secara sembunyi agar tidak dilihat orang lain yang menganggap klenik. 

Sesaji masa kini dalam Tradisi Wiwit secara pribadim. Dokumen pribadi.
Sesaji masa kini dalam Tradisi Wiwit secara pribadim. Dokumen pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan