Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tendangan Maut dalam Sepak Bola

22 Juni 2021   09:40 Diperbarui: 22 Juni 2021   15:26 128 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tendangan Maut dalam Sepak Bola
Tendangan maut Messi. Sumber: Kompas.com

Sepakbola sebagai olahraga yang delapan puluh persen menggunakan kaki memang gerakan pemainnya betul-betul bak gerakan seorang penari. Meliak-liuk melewati rintangan bukan hanya  satu dua orang pemain lawan bahkan tiga hingga empat pemain lawan kadang bisa diterobos dengan gerakan tipuan kaki dan badan yang seakan berbelok ke kiri tetapi ke kanan dan sebaliknya. Meliak-liuknya kaki dan badan dalam permainan sepakbola mungkin hanya sebanding dengan permainan bola basket yang 100% menggunakan tangan.

Saya sebut di atas delapan puluh persen menggunakan kaki, sebab sepuluh persen pemain sering menggunakan kepala untuk menyundul atau dikenal dengan heading atau ngekop dan mencetak gol serta sepuluh persen lainnya menggunakan dada dan punggung untuk mengontrol bola. Hanya saja punggung dan dada jarang pemain yang bisa untuk mencetak gol selain tanpa kesengajaan.

Jago dalam menari di lapangan hijau banyak pada masa lalu kita kenal seperti Pele bak penari Samba Brasil, Johan Cruyff, Van Basten, Frank Rikarj, dan Ruud Gullit dari Belanda, Michael Platini dari Perancis, Karl H. Rumanige dari Jerman (Barat) dan Lothar Matheus dari Jerman,  Mario Kempes dan Maradona bak penari Tango yang cepat dari Argentina, serta Mario, Ronaldinho, Ronaldo, Roberto Carlos dari Brasil seteru Argentina, dan pada masa kini yang belum ada tandingannya adalah Ronaldo CR7 dan Messi.

Ronald Koeman-Belanda berseragam Barcelona. Sumber: barcelonafc.com
Ronald Koeman-Belanda berseragam Barcelona. Sumber: barcelonafc.com
David Beckham. Sumber: Warta Kota - Tribunnews.com
David Beckham. Sumber: Warta Kota - Tribunnews.com
Roberto Carlos, Brasil. Sumber: Tribune Manado - Tribunnews.com
Roberto Carlos, Brasil. Sumber: Tribune Manado - Tribunnews.com
Selain banyaknya pemain sepakbola yang pandai menari di lapangan hijau, ada juga pemain yang kurang begitu lincah dalam menari namun mempunyai kecepatan bak sprinter (pelari cepat) dan mempunyai tendangan maut. 

Disebut tendangan maut karena kecepatannya yang luar biasa bahkan di atas 100km perjam serta sulit ditebak arahnya sehingga kiper atau penjaga gawang hanya bisa melihat jala gawangnya tiba-tiba bergetar kemasukan bola tanpa bisa menepisnya apalagi menangkap.

Menurut catatan penulis, yang mulai menonton sepakbola piala dunia tahun 1978 dan piala Eropa sejak 1988 ada beberapa pemain hebat yang mempunyai tendangan maut. 

Tendangan maut dengan kecepatan luar biasa ini dalam dunia sepakbola ada dua macam, yakni tendangan geledek lurus langsung menghujam ke gawang atau biasa disebut cannonball dan tendangan geledek namun gerakannya menipu seakan jauh dari gawang ternyata berbelok masuk gawang atau gol tanpa terduga. 

Tendangan geledek ini bukan hanya saat dilakukan sambil berlari dan menggiring atau dribbling tetapi juga dengan bola-bola mati atau tendangan bebas.

Ronaldinho, Brasil. Sumber: Kompas.com
Ronaldinho, Brasil. Sumber: Kompas.com
Ronaldo CR7 Portugal berseragam Los Blancos Real Madrid. Sumber: bola.com
Ronaldo CR7 Portugal berseragam Los Blancos Real Madrid. Sumber: bola.com
Cannonball banyak dihasilkan oleh pemain-pemain Eropa dan yang paling fenomenal adalah tendangan Ronald Koeman dari Belanda dan pernah memperkuat Barcelona. Ronald Koeman terkenal dengan tendangan geledeknya sejak berhasil bersama trio penyerang Belanda Marco van Basten, Frank Rikarj, dan Ruud Gullit membawa Belanda menjadi juara Eropa pada 1988 mengalahkan Uni Soviet yang pada babak penyisihan mempecundangi Belanda. 

Sejak itu, Ronald Koeman sangat disegani pemain dan terutama penjaga gawang lawan ketika mendapat hadiah tendangan bebas. Bukan hanya penjaga gawang yang keder tetapi juga pemain yang menjadi pagar betis selalu akan berputar membalikkan badan untuk menahan tendangan geledek Ronald Koeman dengan punggung daripada dengan dada atau kepala.

Pemain Eropa lainnya yang mempunyai tendangan geledek serta memiliki kecepatan tinggi dalam berlari untuk menusuk jantung pertahanan lawan adalah David Beckham pemain Inggris yang pernah memperkuat Setan Merah dan Los Blancos.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN