Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Buruh - Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Isuk Dele Sore Tempe: Plin-plan

9 Juni 2021   14:49 Diperbarui: 9 Juni 2021   14:50 256 35 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isuk Dele Sore Tempe: Plin-plan
Tempe dan mendol. Dokpri

Dalam budaya Jawa ada ungkapan atau peribahasa yang berbunyi 'isuk dele sore tempe' dalam bahasa Indonesia berarti 'pagi masih berupa kedelai namun sore hari sudah menjadi tempe'. Peribahasa ini mempunyai arti seseorang yang plin-plan atau mencla-mencle apa yang dikatakan. Misalnya ketika ditanya atau diminta pendapatnya tentang suatu program ia mengatakan setuju dan mendukung, namun ketika program akan dijalankan ia menyatakan ketidaksetujuannya dengan alasan tertentu.

Bahwa seseorang berbeda pendapat merupakan hal yang biasa, namun apa yang diucapkan seharusnya dipikirkan terlebih dahulu bukan asal meluncur tanpa arti dan membuat orang lain bingung. Bahkan membuat kecewa. Apalagi jika menyangkut sebuah janji dan pada akhirnya diingkari.

Tempe. Dokpri
Tempe. Dokpri
Tempe busuk. Dokpri
Tempe busuk. Dokpri
Mengapa plin-plan diungkapkan seperti 'isuk dele sore tempe' kok bukan 'isuk dele sore tahu'? Bukankah kedelai juga bisa dijadikan bahan baku tahu, kecap, atau rempeyek? Ah, ini hanya sebuah ungkapan saja. Walau bisa juga diperpanjang ungkapannya. Isuk dele, sore tempe, malam tempe busuk, dan esok pagi jadi mendol. Artinya pagi masih berupa kedelai, sore menjadi tempe, dan malam harinya menjadi tempe busuk, lalu esok harinya dijadikan mendol.

Pada masa kini, tempe busuk (Jawa: tempe bosok) jarang dijadikan bahan  masakan. Banyak orang yang sudah tidak doyan. Dulu tempe busuk bisa jadi bahan tambahan untuk membuat sayur bobor, lodeh, atau untuk Jawa Timur untuk dijadikan mendol.

Maka makna isuk dele sore tempe, malam tempe busuk dan pagi mendol adalah mengungkapkan seseorang yang sangat plin-plan.  

Mendol mentah. Dokpri
Mendol mentah. Dokpri
* Ngadas, September 2018

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x