Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Gagal Studi tapi Sukses dalam Kehidupan

24 Maret 2021   14:17 Diperbarui: 25 Maret 2021   14:35 244 38 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gagal Studi tapi Sukses dalam Kehidupan
Dokumen pribadi.

Bagi lulusan SMA, jika ingin melanjutkan pendidikan memilih perguruan tinggi negeri sepertinya merupakan hal yang sangat diharapkan untuk diterima. 

Alasannya adalah beaya murah dan fasilitas lengkap termasuk perpustakaannya. Apalagi perguruan tinggi masa kini. Walau tentang kedisiplinan tenaga pengajar dan mahasiswanya tetap saja. Ada yang rajin dan ada pula yang masih angin-anginan.

Tahun 1979, saya mendaftar masuk IKIP Negeri Malang lewat program Proyek Perintis IV tapi gagal melanjutkan karena dosennya killer dan saya slower

Tahun 82, kuliah lagi  di Unbra alias Universitas Brawijaya. Saat itu Universitas Brawijaya disingkat Unbra, karena ada konotasi kurang bagus sebab jika dibaca dengan bahasa Inggris 'unbra artinya tanpa BH' maka Universitas Brawijaya disingkat Unibraw dan sekarang UB. Di Unbra ternyata gagal lagi karena pusing dengan kalkulus. 

Tahun 83 kuliah lagi untuk mendalami filsafat dan budaya sambil mengajar. Keenakan mendapat uang membuat terlena dan gagal kembali..... Menyesal? Kecewa?  

Sedikit saja....dan kini lebih memusatkan diri dalam berkarya menjadi seorang guru.  Dan berhasil membawa putra-putri melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi daripada orangtuanya.

Ternyata, di filsafat saya mendapat pelajaran berharga 'gagal di pendidikan tak apa asal sukses dalam kehidupan'. Ini bukanlah sebuah slogan aneh dan omong kosong sekali pun bagi orang lain mungkin sangat tidak pas. 

Terutama bagi mereka yang mempunyai cita-cita yang tinggi dengan ingin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Maka melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri dengan beaya murah dan fasilitas lengkap sangat diharapkan. Sehingga kala gagal seakan jalan menuju kesuksesan tertutup. 

Bagi mereka yang ada beaya untuk melanjutkan di perguruan tinggi swasta bukan menjadi masalah. Tetapi bagi mereka yang hidup dengan ekonomi pas-pasan tentu sangat berat.

Bisa kuliah di perguruan tinggi negeri memang bagus. Kuliah di perguruan tinggi swasta juga bagus. Terpenting kita terus belajar dan belajar untuk bisa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN