Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Perjuangan Pemetik Kelapa di Balik Segarnya Es Degan

14 Oktober 2020   10:14 Diperbarui: 14 Oktober 2020   14:10 498 53 21 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perjuangan Pemetik Kelapa di Balik Segarnya Es Degan
Dokumen pribadi

Menikmati es degan atau es kelapa muda saat cuaca gerah kala sedang dalam perjalanan atau wisata sungguh sangat menyegarkan. Minuman tradisional alami ini mudah didapat dengan segala variannya, seperti es degan susu, es degan bakar, es degan pudding, dan es degan madu. 

Harga perbuahnya pun cukup murah, antara 8 ribu hingga 10 ribu rupiah di warung K5 atau kafe kecil. Bahkan untuk ukuran per gelas malah hanya kisaran 2.500 hingga 4.000 rupiah saja.

Kala Anda menikmati segarnya es degan pernahkah membayangkan betapa kerasnya perjuangan untuk mendapatkan buah tersebut sebelum disajikan?

Adalah Mas Karjo, sebut saja namanya demikian, seorang pemilik warung K5 yang telah berjualan es degan selama 20 tahun.

Awalnya memang hanya berjualan es degan dan kue saja di depan rumahnya. Walau cukup laris, namun es degan hanya laku menjelang siang hari kala cuaca cukup gerah. Sedang degan atau kelapa mudanya dibeli dari pedagang di pasar tradisional. 

Menyadari pendapatan dari es degan cukup minim, ia pun terbuka hatinya bukan hanya berjualan es degan tetapi juga kelapa muda utuh bahkan menjadi pemasok kelapa muda bagi pedagang-pedagang es kelapa muda atau es degan di beberapa tempat sekitar pinggiran Kota Malang bagian timur.

Mas Karjo pun menghubungi para pemilik pohon kelapa di desa-desa wilayah kecamatan Pakis dan Tumpang untuk membeli kelapa mudanya dengan harga sesuai kesepakatan bersama. 

Pada saat ini setiap buah kelapa muda harganya 3.000 rupiah. Bersama seorang rekan kerja yang bertugas sebagai pemanjat dan pemetik kelapa setiap hari bisa memanjat rerata 10 pohon dan memetik sekitar 80 hingga 120 buah kelapa muda. Tergantung kesuburan pohon kelapa. 

Ongkos sekali panjat pohon kelapa sebesar 10 ribu rupiah, entah bisa memetik 10 buah atau pun 20 buah kelapa muda. Selanjutnya kelapa muda ini langsung hari itu juga dijual ke pedagang pengecer seharga 5.500 perbuah.

Jika dalam satu hari bisa memanjat 10 pohon dengan memetik 120 buah kelapa maka keuntungan yang didapat dengan perhitungan sebagai berikut:

Harga jual- (Harga beli + ongkos petik + Beaya transportasi)  = keuntungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN