Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Jalma desa saba wana.

Wong desa.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Ayam Cemani dari Pragolo

25 Juni 2019   21:12 Diperbarui: 25 Juni 2019   21:19 0 9 5 Mohon Tunggu...
Ayam Cemani dari Pragolo
Dokpri

Menurut pengakuannya, ia bernama Paito dan Wagiman. Sesuai dengan namanya, ia kelahiran pada hari pasaran paing dan wage. Cukup ganteng untuk ukuran orang desa. Ia berasal dari Desa Sumber Buthek karena air di sana sekalipun dari sumur apalagi sungai selalu keruh atau buthek dalam Bahasa Jawa.

Mereka ke rumah saya, seminggu yang lalu dengan tujuan minta supaya juragannya yang bernama Pragolo bisa terpilih menjadi lurah di desanya. Pragolo sendiri dulu hanya seorang kepetengan alias jagabaya atau petugas keamanan desa. Namun karena sering ditinggal nggrandong alias mencari bisikan lelembut untuk minta nomer togel, ia diberhentikan. 

Apalagi sapi sang lurah kala itu hilang. Begitu dipecat dari kepetengan, Pragolo pun digugat cerai istrinya. Namun nasib mujur datang padanya, berhenti jadi kepetengan lalu berhasil menjadi blantik kuda atau penjual kuda. Kini kudanya ada tujuh dan dokarnya ada 10. Bahkan juga punya kebun pinggir desa seluas dua hektar yang ditanami tebu. Hebat kan?

"Sudah kaya kok masih pingin jadi lurah..." kataku.

"Iya Mbah....rasanya Pragolo tidak rela kalau Pitoyo tukang kayu itu terpilih lagi jadi lurah..." jawab Paito sambil tersenyum.

"Hla kamu berdua jadi apa di rumah Pragolo?"

"Wagiman jadi pekatik ( pencari rumput dan perawat kuda ), kalau saya jadi kusir, Mbah," sahutnya.

"Kalian tentu sudah tahu kalau Pitoyo telah berhasil membangun jalan desa, pendapa, dan meningkatnya kesejahteraan warga desa. Memang ada yang masih begitu saja nasibnya karena memang kurang greget kalau kerja...."

"Saya sendiri sebenarnya kurang sreg kala Mas Pragolo jadi lurah Mbah. Hla wong pelitnya amit-amit. Sudah dua bulan ongkos cari rumput belum dibayar Mbah...." sela Wagiman.

"Herannya itu Mbah.... Emak-emak bakul sayur, penjual daging sapi dan ayam apalagi janda-janda yang sering ke pasar naik dokar saya kok mendukung Pragolo ya...."

"Halaaaa....itu urusanmu. Terpenting nanti Selasa Legi kamu ke sini bawa uba rampe sepasang ayam cemani dan sesajen lengkap aku yang sediakan tapi ganti ongkosnya hlo ya....."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x