Mbah Ukik
Mbah Ukik tani

narima ing pandum

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Berburu Objek Makro Fotografi di Sawah dengan Smartphone

12 Oktober 2018   12:48 Diperbarui: 12 Oktober 2018   15:03 502 10 6
Berburu Objek Makro Fotografi di Sawah dengan Smartphone
Dokpri

Hari ini, jam 6.30 saya sudah di sawah yang tak terlalu jauh dari kantor. Sambil menunggu karyawan yang belum datang, saya menuju ke para ibu yang sedang menyiangi sawah dari rumput, gulma, dan plastik yang terbawa air ke sawah.

Dokpri
Dokpri
Berbekal hape pintar, saya mencoba mencari objek human interest dan titik-titik embun yang berkilau seperti ratna mutu manikam. Rupanya, suhu udara yang merangkak ke angka 28 sekalipun masih pagi membuat embun sudah sirna menguap.

Dokpri
Dokpri
Objek yang menjadi sasaran pun berpindah setelah melihat seekor capung hinggap di daun padi yang baru berumur sekitar 15 hari. Serangga yang tak terlalu kecil untuk lensa ukuran  hape banyak hidup di sekitar pesawahan dan ladang.

Dokpri
Dokpri
Bukanlah hal yang mudah untuk mendapat foto terbaik dengan menggunakan kamera pintar. Serangga hewan yang amat peka terhadap lingkungannya. Setiap gerakan yang dirasakan  dianggap sebagai gangguan yang membahayakan. Maka dia akan segera terbang atau paling tidak berputar dan bersembunyi di balik batang atau daun tempat hinggapnya semula.

Dokpri
Dokpri
Di sinilah kesabaran dan ketelatenan kita diuji untuk mendapat sudut pandang dan waktu yang tepat sebelum membidik dan mengambil keputusan. Seperti  kala kita menghadapi karyawan bandel dan dinamika kehidupan yang harus terus berubah. Hasil memang tak selalu memuaskan atau dianggap baik oleh setiap orang. Paling tidak kita sudah melakukan yang harus dilakukan dengan baik.

Dokpri.
Dokpri.