Mohon tunggu...
Areghk Bhaone
Areghk Bhaone Mohon Tunggu... smabhaone

tetap belajar

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Say No To Global Warming

25 Oktober 2019   15:57 Diperbarui: 25 Oktober 2019   15:54 136 1 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Say No To Global Warming
Dok. pribadi

Apa Global Warming itu?

Menurut penelitan ,suhu bumi mengalami peningkatan drastis selama satu abad terakhir yaitu mencapai 0,6C pemanasan global tersebut sangat berpengaruh besar bagi kehidupan di bumi, peningkatan suhu bumi tersebut akibat dari pemanasan global .Pemanasan global adalah peningkatan suhu udara di bumi baik itu pada lapisan atmosfer, darat, dan lautan. Pemanasan global disebabkan oleh beberapa hal seperti gaya hidup manusia , pola konsumsi dan teknologi yang ada di berbagai Negara maju. Pemanasan global sangat berkaitan erat dengan pencemaran udara diseluruh dunia. Peningkatan jumlah karbon dioksida efek rumah kaca , gas akibat pembakaran bahan bakar fosil dan aktivitas manusia lainnya, yang merupakan sumber utama terjadinya pemanasan global.

  Penyebab pemanasan global

 1). Efek rumah kaca

Efek rumah kaca merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan bumi memiliki efek seperti rumah kaca yaitu sangat pannas, dimana efek rumah kaca tersebut akan mengalami penangkapan panas matahari yang tertangkap oleh atmosfer bumi. Gas gas atmosfer  seperti karbondioksida dapat menahan panas matahari sehingga panas matahari tertangkap di atmosfer bumi.Penyebab efek rumah kaca adalah diakibatkan dari efek panas yang dipantulkan ke permukaan bumi yang terperangkap oleh gas-gas yang ada di lapisan atmosfer sehingga mengalami pemberhentian dan tidak dapat diteruskan kembali ke luar angkasa dan akibatnya akan panas cahaya matahari tersebut akan dipantulkan kembali ke permukaan bumi.Efek rumah kaca juga memberikan manfaat bagi bumi serta makhluk hidup yang ada di bumi, namun jika pemanasan global terlalu berlebihan akan mengakibatkan efek yang tidak baik bagi kehidupan makhluk hidup yang ada dibumi.

 2). Meningkatnya polusi udara yang disebabkan oleh bahan bakar bermotor

Efek kendaraan bermotor sangat berpengaruh besar bagi pemanasan global karena gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor adalah gas karbonmonoksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia serta gas karbon monoksida yang juga dapat menyebabkan efek terjadinya rumah kaca.

 3). Pembakaran hutan untuk membuka lahan baru

Kebakaran hutan yang sering terjadi saat ini merupakan kebakaran yang di lakukan sengaja untuk membuka lahan baru untuk keperluan pribadi , kebakaran hutan sering terjadi di Indonesia saat ini . kebakaran hutan dapat mengakibatkan pemanasan global yang dapat merugikan banyak pihak . kebakaran hutan menghasilkan gas karbondioksida kemudian akan terangkat atmosfir bumi , karbondioksida akan menangkap radiasi matahari tetapi akan di pantulkan kembali ke bumi , sehingga bumi menjadi panas

 4). Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol

CFC atau Cloro Flour Carbon merupakan salah satu bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan untuk memproduksi peralatan, terkhusus digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga. CFC terdapat pada alat pendingin seperti kulkas dan AC.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x