Mohon tunggu...
Wibi Alwi Surya Kuncoro
Wibi Alwi Surya Kuncoro Mohon Tunggu... Republikseo

Jasa Seo Frilance

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

15 Alasan Kuliah di Universitas Swasta

4 Oktober 2019   18:58 Diperbarui: 5 Oktober 2019   21:21 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam dunia kerja, lulusan universitas memiliki peluang lebih besar untuk diterima dibanding dengan lulusan sekolah menengah atau sekolah kejuruan. Hampir semua bidang pekerjaan lebih mengutamakan ijazah dari jenjang pendidikan tertinggi. Karena alasan inilah, lulusan sekolah menengah atau lulusan sekolah kejuruan sekalipun banyak yang memilih untuk meneruskan pendidikan di jenjang universitas.

Sama seperti sekolah tingkat dasar, tingkat pertama maupun tingkat menengah, pendidikan tingkat tinggi kini sudah tersedia di hampir setiap kota. Sehingga tidak akan sulit untuk menemukan universitas meskipun di kota kecil.

Peluang mendapatkan pendidikan di universitas juga semakin luas karena banyaknya pilihan. Sekalipun banyak pilihan, melanjutkan kuliah tidak bisa sembarangan memilih universitas. Ada banyak pertimbangan seperti biaya kuliah, jurusan yang tersedia hingga status unviersitas tersebut.

Universitas negeri selama ini dianggap sebagai tujuan paling tepat untuk memperoleh gelar sarjana. Paradigma tersebut masih melekat di masyarakat dari zaman dulu hingga sekarang. Tidak hanya calon mahasiswa yang tetap meyakini paradigma tersebut.

Orangtua calon mahasiswa juga masih meyakini anggapan tersebut. Tidak heran jika universitas negeri selalu dibanjiri mahasiswa baru dan memiliki jumlah mahasiswa hingga ribuan orang. Sementara universitas swasta sering diabaikan oleh lulusan sekolah menengah.

Paradigma yang terlanjur melekat tidak bisa dengan serta merta dilupakan dan menggantinya dengan anggapan yang lebih benar. Kemajuan teknologi di era modern ini telah banyak membantu meluruskan informasi tersebut. Semakin mudah berkat bantuan alat-alat komunikasi canggih yang tidak akan membatasi informasi apapun. Sekarang, universitas swasta terbaik di Indonesia semakin banyak dikenal dengan reputasi yang tak kalah bergengsi.

Di balik nama besar yang mulai dikenal, universitas swasta tidak hanya menawarkan keunggulan tertentu. Ada banyak faktor yang bisa menjadi alasan mengapa kuliah di universitas swasta adalah pilihan yang tepat.

Faktor-faktor ini juga bisa jadi pertimbangan bagi calon mahasiswa yang masih bimbang menentukan pilihan antara universitas swasta atau universitas negeri. Inilah alasan-alasan tersebut.

Waktu Pendaftaran Lebih Lama
Kebanyakan universitas atau perguruan tinggi swasta umumnya membuka waktu pendaftaran yang relatif lama. Pendaftaran juga lebih sering dibuka lebih dulu daripada pendaftaran di universitas negeri.

Waktu pendaftaran yang lebih lama ini memberi kesempatan luas bagi calon mahasiswa untuk mendaftar. Calon mahasiswa bisa mendaftar sebelum pengumuman kelulusan keluar. Calon mahasiswa bisa memastikan posisinya di universitas lebih awal.

Tidak hanya itu, calon mahasiswa bisa melakukan riset secara lebih mendalam dalam waktu lama untuk menentukan universitas swasta mana yang dijadikan tujuan. Memilih jurusan pun bisa lebih teliti agar tidak salah mengambil keputusan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x