Mohon tunggu...
Wibi Alwi Surya Kuncoro
Wibi Alwi Surya Kuncoro Mohon Tunggu... Republikseo

Jasa Seo Frilance

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Beberapa Manfaat dan Efek dari Kopi Hijau

21 Maret 2017   00:49 Diperbarui: 21 Maret 2017   01:31 21073 1 0 Mohon Tunggu...

Kopi adalah teman setia bahkan seakan menjadi teman wajib bagi para muda mudi kekinian yang gemar nongkrong sambil bersenda gurau bersama kawula muda lainnya. Dan kopi hijau yang sedang digemari saat ini bukan berarti kopi yang berwarna hjau, tetapi kopi yang melalui proses pemangganan dan menghasilkan kopi berwarna hitam. Dan biji kopi hijau yang  memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa ini, ternyata tidak hanya menjadi teman kongkow-kongkow saat menghabiskan malam anak muda, tetapi juga mempunyai manfaat lain bagi tubuh, karena proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa (biji kopi panggang). Dan diduga ternyata asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan.

Kopi hijau yang  menjadi populer untuk menurunkan berat badan setelah ditampilkan pada acara Dr. Oz pada 2012. Dalam acara itu disebutkan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan. Mau tau apa aja manfaat yang dikandung dari kandungan asam klorogenat yang rendah setelah proses pemanggangan ini, yuk kita bahas di bawah ini :

Manfaat minum kopi hijau

1. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan. Pada penelitian tersebut  kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama berguna untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

2. Menurunkan darah tinggi

Selain dapat menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah.

3. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kafein yang ada dalam kopi hijau mempunyai efek yang positif pada suasana hati dan aktivitas otak Anda. Menurut penelitian pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi  mengonfirmasi, bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ⅓ cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

4. Merupakan antioksidan

Biji kopi ini mengandung beberapa zat antioksidan, yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan ini membuat Anda lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh Anda. Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x