Mohon tunggu...
Ardy Noor Irfansyah
Ardy Noor Irfansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Saya suka memelihara Ikan hias, saya mengetahui bagaimana caranya untuk merawat ikan dengan baik dengan mengenali sifat ikan, suhu air, komponen yang berada didalam air, maupun filter yang dibutuhkan agar ikan menjadi sehat. Dan saya memiliki keahlian dibidang Aquascaping, mengetahui bagaimana mencari depth, lighting, dan ambient didalam sebuah aquarium sehingga yang melihat aquarium tersebut bisa merasakan suasana berada didalam aquarium tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan Alat Peraga Edukasi untuk Memaksimalkan Cara Berfikir Cepat Bagi Siswa SDN Serdang Kulon IV Tangerang oleh Mahasiswa Untag Surabaya

2 Juli 2022   21:50 Diperbarui: 2 Juli 2022   21:52 35 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tangerang, Juni 2022 -- Di era pandemi para mahasiswa Untag Surabaya tidak patah semangat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat negri ini. Di kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa Untag Surabaya memiliki peran didalam masyarakat. Untag Surabaya menyebarkan mahasiswa ke beberapa desa didomisilinya masing-masing. Di bidang keahliannya masing-masing mahasiswa Untag menciptakan sebuah inovasi yang beragam, dan bermacam-macam untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mitra yang berada di domisili masing-masing.

Salah satu mahasiswa Untag Surabaya, M. Ardy Noor Irfansyah dari prodi Sastra Inggris yang berada didomisilinya, Tangerang berhasil meghasilkan inovasi yang berguna untuk masyarakat lebih tepatnya di SDN Serdang Kulon IV Tangerang. Mahasiswa tersebut memiliki usulan untuk membuat Alat Peraga Edukasi dengan tujuan untuk mengasah kembali otak dan kecerdasan mereka dalam menghafal huruf, angka, kata, maupun gambar. Topik ini berperan sangat penting untuk mitra dikarenakan tempat KKN mitra membutuhkan alat peraga edukasi untuk mengasah para siswa selama masa pandemi ini. Program ini diharapkan para siswa mampu mengetahui dan menghafal beberapa gambar, kata, dan huruf dari yang mereka pelajari selama masa pandemi tersebut.

Mahasiswa yang bergabung dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler kelompok 22 (R-22) di bawah bimbingan dosen Bapak Abrahham Ferry Rosando, SH., MH. Ini memilih untuk melaksanakan KKNnya di SDN Serdang Kulon IV Tangerang yang berada 5 menit dari rumah mitra yang lebih tepatnya di Kabupaten Tangerang Kec. Panongan. Langkah pertama yang dilakukan sebelum memulai kegiatan KKN tersebut yaitu meminta izin sekaligus berkonsultasi kepada kantor Desa di Serdang Kulon, dan mahasiswa tersebut diusulkan oleh salah satu pengurus yang berada di kantor desa Serdang Kulon untuk melaksanakan KKN di SDN Serdang Kulon IV Tangerang. Mahasiswa tersebut bertemu dengan Ibu Dewi selaku kepala sekolah SDN Serdang Kulon IV. "Para siswa di SDN ini itu terkadang suka lupa tentang baca huruf, angka, kata, maupun gambar terutama yang masih kelas rendah 1 -- 2" ujar Bu Dewi. Ia berharap agar mahasiswa Untag tersebut mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan mengajukan inovasi Alat Peraga Edukasi yang akan membantu para siswa dalam mengingat dan mempelajari dengan mudah.

Pada saat pelaksanaan kegiatan, Ardy selaku mahasiswa yang mengikuti KKN tersebut mengadakan quiz game untuk melatih, mengasah, dan mempercepat cara pola pikir siswa untuk mengingat huruf, angka, kata, maupun gambar. Quiz game ini pun dapat menarik antusiasme para siswa dikarenakan game yang asik dan menyenangkan. Mayoritas siswa banyak yang aktif ketika melakukan quiz game tersebut. Anak-anak terutama anak SD sangat suka ketika melakukan pembelajaran sekaligus bermain, mereka dapat menghafal dan mengetahui huruf, angka, kata, dan gambar dengan cepat dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan