Mohon tunggu...
Ardy Firmansyah
Ardy Firmansyah Mohon Tunggu... Pemikir Bukan Praktisi

Ide, naif dan polos. Lagi belajar nulis di Kompasiana | Psikologi Universitas Negeri Malang 2015

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Bagaimana Cara Menghadapi Kesulitan dalam Hidup?

16 Februari 2020   17:59 Diperbarui: 22 Februari 2020   15:26 593 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Menghadapi Kesulitan dalam Hidup?
Ilustrasi meratapi beban hidup (Sumber: unsplash/TiagoBandeira)

"Belum ada uang, tapi banyak yang harus dibayar, stres."

"Dagangan laku sedikit, cari uang susah banget, capek."

"Kuliah-rapat, kuliah-rapat rutinitas ini melelahkanku lama-lama."

"Dapet kerja susah amat sekarang euy, lamar kemana-mana, gak dipanggil-panggil"

Dan masih banyak lagi keluhan yang ingin diekspresikan di dalam lubuk hati ini. Banyak orang akhirnya melihat hidup sebagai hal yang sulit untuk dijalani. 

Rutinitas yang dilakukan mereka rasakan sebagai beban yang berat, sehingga beberapa diantaranya lebih memilih untuk menghindari masalah yang ada dalam kehidupan, daripada menghadapinya.

Lalu bagaimana caranya agar orang-orang seperti ini bisa menjalani hidup dengan "baik" meskipun mereka merasa hidupnya itu susah?

Menerima Keadaan dan Membandingkan Diri 
Ketika menerima keadaan yang ada dalam hidupmu, masalah yang dihadapi mungkin akan terasa lebih ringan. Apalagi beban dalam hati akan berkurang ketika kamu ikhlas dan bersyukur atas hidupmu. Jujur, untuk dapat bisa sampai pada tahap "menerima keadaan" dalam hidupmu, itu sulit dan butuh waktu yang tidak sebentar.

Anda boleh bersedih marah, dan putus asa akan situasi yang menimpamu sekarang, tapi ingatlah bahwa hidup Anda belum berakhir dan masih ada hari esok untuk menghadapi situasi menyulitkan ini dengan lebih tegar lagi. Apalagi jika Anda membandingkan diri. Iya, dengan membandingkan diri dengan orang yang berada di bawahmu itu akan memberikan rasa sadar, bahwa masih banyak orang yang memiliki kehidupan yang lebih sulit darimu.

Selain itu Anda juga bisa membandingkan diri dengan orang-orang yang berada di atasmu. Hal ini sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik dan bersemangat dalam menghadapi segala kesulitan serta rintangan dalam hidup. 

Dengan membandingkan diri, Anda juga bisa tahu hidup Anda "berada dimana" sekarang, karena membandingkan diri sesungguhnya dapat digunakan sebagai tolak ukur pengembangan diri dan juga bisa membuat kita lebih bersyukur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x