Mohon tunggu...
Ardi Winangun
Ardi Winangun Mohon Tunggu... seorang wiraswasta

Kabarkan Kepada Seluruh Dunia

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Kekuatan Menjadi Youtuber

12 April 2021   08:26 Diperbarui: 12 April 2021   08:32 86 0 0 Mohon Tunggu...

Pernikahan Muhammad Attamimi Halillintar atau yang lebih popular disebut dengan Atta Halilintar dengan Titania Aurelie Nurhemansyah atau yang lebih akrab dipanggil Aurel Hermansyah bisa dikatakan pernikahan yang paling spektakuler atau heboh pada tahun ini.

Pernikahan mereka mengundang banyak perhatian orang sebab Aurel merupakan anak dari penyanyi kondang dan kesohor, yakni Anang Hermansyah dan Krisdayanti. Selain artis, Anang merupakan mantan anggota DPR dan Krisdayanti anggota DPR. Aurel sendiri juga merupakan artis. Sebab dunia artis penuh dengan keglamouran maka saat pernikahan suasana yang demikian tercipta, banyak orang cantik dan ganteng serta berpakaian tidak murah hadir di sana.

Pernikahan Atta dan Aurel menjadi lebih diperhatikan dan ditonton jutaan orang sebab dalam acara pernikahan juga disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Mereka hadir tak sekadar menjadi undangan namun baik Joko Widodo dan Prabowo Subianto menjadi saksi prosesi pernikahan itu. Banyak status di media sosial yang mengatakan pernikahan Atta dan Aurel mampu menyatukan Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Status yang demikian bisa dikatakan berlebihan sebab kedua pria itu sudah menyatu dalam pemerintahan saat ini meski sebelumnya mereka menjadi rival dalam pemilu presiden.

Selain artis, mengapa pernikahan itu mampu menjadi sorotan banyak pihak bahkan Joko Widodo dan Prabowo Subianto sudi hadir dan menjadi saksi? Apakah Atta politisi, bukan. Apakah ia pendukung Joko Widodo saat kampanye pemilu presiden? Kayaknya enggak. Apakah pendukung Prabowo Subianto? Sepertinya tidak juga. Dia seorang buzzer? Jauh deh dari perbuatan itu. Jawabannya adalah karena Atta adalah seorang youtuber.

Atta merupakan salah satu youtuber ternama. Karya videonya yang sudah mencapai seribu lebih mampu menarik orang untuk ramai-ramai menonton serta me-like, subscribe, comment, dan share. Menarik videonya itulah yang membuat karyanya mendapat subscriber sampai mencapai 26,9 juta. Bila jumlah subscriber itu diitungitungkan dalam suara saat pemilu presiden, pilkada, atau pileg, pastinya sangat besar sekali.

Jumlah yang demikian membuat Atta banjir bayaran dari youtube sebab mampu mendatangkan iklan yang berlimpah. Iklan bersliweran di akun Atta sebab sangat efektif karena ditonton puluhan juta orang selama 24 jam, non stop. Jadi bila kita nampang di akun Atta, kita akan bisa popular dan menjadi terkenal sebab jutaan orang akan melihat. Hadir di akun youtube Atta membuat kita tak perlu susah-susah untuk turun atau terjun ke masyarakat bila ingin popular.

Kekuatan Atta sebagai seorang youtuber inilah yang bisa jadi menarik Joko Widodo dan Prabowo Subianto hadir dalam pernikahan itu. Kedua orang itu sudah popular namun mereka berpikir bila bisa hadir dalam pernikahan Atta-Aurel dan pastinya Atta membuat video pernikahannya, maka kehadiran Joko Widodo dan Prabowo Subianto dalam youtube milik Atta akan semakin mempopularkan, mendekatkan, dan mengakrabkan dengan masyarakat. Pastinya video pernikahan Atta-Aurel akan ditonton jutaan orang. Kehadiran petinggi negara dalam acara itu, apalagi menjadi saksi, akan mendapat tempat yang panjang dalam video yang beredar sehingga popularitasnya menjadi terangkat.

Sebagai media yang sangat popular, youtube saat ini merupakan media yang digandrungi oleh jutaan orang. Iming-iming mendapat gaji dari karya-karya video yang diunggah, memancing orang berkreasi untuk membuat gambar bergerak dengan aneka tema. Mulai dari cara memasak, jalan-jalan, olahraga, hobby, serta berbagai lini kehidupan masyarakat.

Bila jumlah subscriber youtuber melimpah, ia tidak hanya mendapat bayaran dari karyanya yang telah diunggah namun kehidupannya bisa melebar seperti menjadi bintang iklan, artis, bahkan bisa membuat dirinya mempunyai kekuatan 'politik'. Inilah yang terjadi pada diri Atta. Bila ia bukan youtuber dengan subscriber puluhan juta, belum tentu pernikahannya akan dihadiri petinggi negara.

Kekuatan youtube seperti di atas membuat banyak orang ingin mencobanya. Tidak hanya masyarakat biasa, banyak artis bahkan politisi pun saat ini menjadi youtuber. Bagi masyarakat biasa, menjadi youtuber bisa jadi dilandasi alasan adanya iming-iming bayaran. Iming-iming inilah yang juga memicu artis melakukan hal yang sama, apalagi mereka sudah memiliki modal popular lebih dahulu sehingga akunnya berpeluang lebih cepat meledak dibanding pemula dari masyarakat biasa. Tak hanya itu yang membuat artis menjadi youtuber. Bagi artis yang terjun menjadi youtuber, hal demikian dilakukan untuk menjaga popularitasnya. Popularitas bagi artis adalah sesuatu yang terus dijaga dan dikejar agar tawaran serta kontrak untuk berprofesi dalam dunianya terus mengalir.

Banyaknya artis terjun dalam dunia ini membuat kita bila membuka saluran youtube, akan menemukan akun-akun mereka. Kehidupan mereka dari mulai bangun pagi, memasak, olahraga, beraktivitas, bahkan hendak tidur malam, tersaji dalam video yang telah diunggah. Anehnya, hal-hal yang demikian banyak disukai dan ditonton oleh orang. Sebab menarik atau entah alasan lainnya, akhirnya penonton akan men-subscribe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x