Mohon tunggu...
Ardi Winangun
Ardi Winangun Mohon Tunggu... seorang wiraswasta

Kabarkan Kepada Seluruh Dunia

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menunggu Merpati Terbang Lagi

10 Desember 2018   10:53 Diperbarui: 10 Desember 2018   11:01 192 0 0 Mohon Tunggu...

Terlepas dari masalah internal dan penguasaan saham yang sedang dirundingkan, ada kabar Maskapai Penerbangan Merpati hendak kembali melayani masyarakat dalam perjalanan udara atau bahasa mudahnya Merpati hendak terbang kembali. Pada masa lalu maskapai udara ini bersanding dengan Garuda, Bouroq, dan yang lainnya menjadi penghubung antarkota dan antarpulau di nusantara.

Kehadiran Merpati di udara sepertinya ditunggutunggu masyarakat selain terkait dengan semakin efektif dan efisiennya perjalanan udara juga karena dirasa ada beberapa maskapai penerbangan yang kehadirannya tidak memberi kepuasan dalam pelayanan bahkan secara tidak disadari mengancam keselamatan.

Selama ini ada beberapa maskapai penerbangan yang tingkat pelayanannya sering mengecewakan para penumpang. Delay yang dilakukan berulang kali bahkan tidak jelas kapan terbangnya membuat para penumpang menjadi gelisah.

 Puncak kegelisahan ini biasanya dilampiaskan dalam bentuk protes kepada petugas tiket. Jawaban yang tidak memuaskan dari petugas yang ada sering menimbulkan kericuhan di bandara.

Di media sosial sering viral ada penumpang yang kompak menduduki tempat parkir pesawat sebab nasib keberangkatan mereka digantung. Pun ada juga viral bagaimana salah seorang yang didukung oleh penumpang lain sepakat tetap di dalam pesawat sampai mereka benar-benar diterbangkan.

Apa yang terjadi di lapangan, di mana petugas tiket dan atau pramugari diprotes, dimaki, bahkan diumpat oleh penumpang sepertinya tidak menjadi pelajaran bagi manajemen maskapai yang sering tidak tepat waktu itu. Pemerintah pun sepertinya juga tidak tegas bersikap pada maskapai yang demikian bahkan cenderung membiarkan.

Maspakai yang demikian memang menawarkan harga tiket yang tidak biasa. Mereka menjual tiket kepada masyarakat dengan berbiaya rendah atau yang dikenal dengan LCC (low cost carrier). Tiket seperti inilah yang memancing masyarakat untuk menggunakan maskapai itu. 

Namun perlu dipahami dan dimengerti dengan menerapkan LCC ada beberapa fasilitas yang tidak bisa dinikmati atau dirasakan penumpang, seperti tidak adanya jatah makan dan minum, serta kondisi terminal bandar udara yang berbeda dengan maskapai yang bertarif umum.

Meski maskapai penerbangan sudah menyatakan diri dengan biaya rendah namun ia tidak boleh mengabaikan faktor-faktor utama dalam penerbangan. Keselamatan pastinya sebagai faktor utama. Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah ketepatan waktu. 

Ketepatan waktu bagi seseorang yang sering bepergian dengan menggunakan pesawat merupakan hal yang penting. 

Seseorang bepergian biasanya mereka sudah merencanakan perjalanannya, kapan mereka harus berangkat, kapan mereka harus tiba di suatu tempat untuk beraktivitas, dan kapan harus balik, semuanya sudah disusun dalam catatan atau ingatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN