Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Kisah Cinta Pasangan Berbeda Budaya dalam Film "The Big Sick"

6 Desember 2017   02:58 Diperbarui: 7 Desember 2017   07:02 1973 4 2
Kisah Cinta Pasangan Berbeda Budaya dalam Film "The Big Sick"
The Big Sick (Fanart.tv)

Bisakah seseorang menilai seberapa tulus orang yang mencintainya saat Ia dalam keadaan koma? Kisah cinta dua sejoli yang sempat terpisahkan karena latar belakang budaya ini justru menjadi bukti nyata bahwa cinta yang "satu" itu lahir dari banyaknya perbedaan.

Jika kita menyaksikan film "The Big Sick" dari awal sampai akhir, sulit untuk percaya bahwa ini adalah kisah nyata. Ya! Ini adalah kisah nyata komika asal Amerika Serikat, Kumail Nanjiani. Ia yang menulis cerita dari kehidupannya sendiri bersama istrinya, Emily V. Gordon, dan membawanya ke dalam sebuah film drama yang menginspirasi banyak orang. Kumail pun menunjukkan kemampuan beraktingnya sebagai dirinya sendiri.

Emily dan Kumail (Buttlercinemascene.com)
Emily dan Kumail (Buttlercinemascene.com)

Berawal dari aksi Kumail di atas panggung Stand up Comedy, Ia berkenalan dengan Emily (Zoe Kazan) yang merupakan salah satu penonton yang mengagumi penampilannya. Akhirnya mereka pun berpacaran hingga Emily ingin segera diperkenalkan kepada keluarganya.

Kumail adalah seorang keturunan Pakistan dengan wajah Indianya yang khas, menghibur penonton dengan lelucon cerdasnya dari panggung ke panggung. Sementara Emily adalah warga asli Amerika Serikat dengan rambut pirangnya, sedang melanjutkan studi S2-nya di luar kota dan tinggal jauh dari orang tuanya.

Kumail juga orang Amerika Serikat, masih memiliki keluarga lengkap yang sudah lama menetap bersamanya. Keluarganya Kumail begitu taat beribadah dan juga masih menjalankan tradisi budaya leluhurnya: Arranged Marriage alias perjodohan. Seperti layaknya cerita Siti Nurbaya, mungkin nasib Kumail akan seperti saudaranya yang lain -- menikahi wanita Pakistan sesuai pilihan orang tuanya.

Namun Kumail mengabaikan hal itu dan memilih setia kepada Emily karena sangat mencintainya. Sampai akhirnya Emily tahu soal perjodohan itu dan kecewa karena Kumail tidak jujur kepadanya. Emily meminta Kumail pergi jauh dan jangan kembali lagi.

Sampai pada suatu ketika Emily jatuh sakit hingga terbaring koma cukup lama di ICU. Penyakitnya begitu misterius dan berbahaya. Kumail menjadi orang pertama yang datang menjenguknya sebelum akhirnya Ayah dan Ibu Emily (Ray Romano dan Holly Hunter) datang untuk menjaganya. Hubungan antara Kumail dan orang tua Emily pun mulai terjalin selama di Rumah Sakit. Mereka bertiga selalu siaga demi kesembuhan Emily.

Apakah Emily bisa berjuang untuk sembuh dari penyakitnya? Lalu bagaimana dengan kelanjutan hubungan cinta antara Kumail dan Emily?

Salah satu adegan dalam film
Salah satu adegan dalam film

Film yang diproduksi oleh FilmNation Entertainment dan Apatow Productions ini dikemas dengan unik. Meskipun sebagian besar scene berada di Panggung Stand up Comedy dan Rumah Sakit, "The Big Sick" adalah cerita inspiratif dari kehidupan seorang komika berlatar belakang etnis minoritas, mencoba melawan pola pikir keluarganya yang harus menikahkan anaknya dengan latar belakang SARA yang sama.

Kisah romansa di film ini juga unik dan lucu, Kumail pun sangat piawai memainkan peran dirinya sendiri. Twist di fim ini pun juga menarik hingga penonton sulit membedakan bagian mana yang "benar" kisah nyata dengan yang bukan.

Sebagian besar penonton memberikan respon positif terhadap film yang diproduseri Judd Apatow dan Barry Mendel ini. Rotten Tomatoes mancatat 98 persen warganet menyukai "The Big Sick".


Bagi penikmat film Drama dan Romance, "The Big Sick" bisa jadi rekomendasi film yang wajib ditonton menemani akhir pekan Anda. Terutama untuk para jomblo yang butuh inspirasi untuk segera mendapatkan pasangan.