Mohon tunggu...
Ardin Jae
Ardin Jae Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Media

Bahasa Arab sebagai Bahasa Internasional

23 September 2016   10:25 Diperbarui: 23 September 2016   10:46 1075 0 1 Mohon Tunggu...

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang di gunakan pada ayat suci Al-Qur'an  dan pertama kali di lafalkan oleh Nabi Adam Alaihissalam. dan juga bahasa yang tidak bisa dipisakan oleh umat muslim. Pada Zaman sekarang bahasa Arab sudah mulai di gunakan  sebagai bahasa internasional selain bahasa Inggris.

Pada saat ini bahasa Arab bukan lagi hanya dianggap sebagai bahasa pesantren dan bahasa kitab kuning saja, melainkan sudah mulai digunakan dalam bahasa sehari-hari dan juga sebagai  pola pergaulan  anak-anak muda pada zaman sekarang dengan itu  sudah dapat di akui sebagai bahasa internasional dan juga di sekolah -sekolah di dunia misalnya Amerika,Afrika,Singapura, India dan negara lainnya yang menuntut para pelajar untuk mengetahui Bahasa Arab. Bahka saat ini bahasa Arab sudah mulai digunakan oleh beberapa Organisasi yang ada di dunia.

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mempelajari dan memahami bahasa Arab khususnya bagi umat muslim,

1. Pertama, karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran, kita sebagai umat muslim wajib untuk memahami isi Al-Qur'an karena bagi umat islam Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi manusia di dunia, namun bagaimana kita dapat memahami alquran apabila kita tidak mengetahui artinya.

2. Kedua, karena bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan hadist-hadistnya, melainkan kitab-kitab fikih yang disampaikan juga menggunakan bahasa arab. jadi memahami bahasa Arab adalah p[intu gerbang untuk memahaminya.

3. Ketiga, susunan kata dalam bahasa arab tidak begitu banyak. umumnya terdiri dari 3  huruf sehingga lebih mudah untuk di ucapkan dan dipahami.

Pada saat ini bahasa Arab sudah mulai diakui sebagai bahasa internasional bahkan salah satu negara non muslim seperti malaysia sudah mulai memberikan apresiasinya terhadap bahasa arab dengan berupa adanya tulisan-tulisan arab di tempat-tempat umum. hal ini terjadi karena adanya perkembangan sistem  ekonomi global yang pesat di kawasan timur tengah sebagai pusat sumber daya dan mineral dunia, sehingga bahasa arab mengambil peran penting dalam situasi tersebut karena masyarakat timur tengah yang notabenenya berbahasa arab dalam berkomunikasi.

Jadi, untuk  berbagai kalangan didunia yang berkepentingan dan ingin menjalin hubungan dengan negara-negara di timur tengah harus terlebih dahulu berfikir pentingnya memahami bahasa arab sebagai pintu masuk untuk komunikasi antarbudaya yang nantinya akan membuka jalan bagi hubungan ekonomi, politik dan lainnya.

wassalam...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x