Mohon tunggu...
Ardi JanuardiGinting
Ardi JanuardiGinting Mohon Tunggu... Pengkritik ketidakadilan

SAPIOSEXUAL

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Hidup Merdeka

16 Februari 2020   00:49 Diperbarui: 16 Februari 2020   01:18 65 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidup Merdeka
shaolinphoto

HIDUP MERDEKA (1)

Hati-hati tulisan ini 100% Opini yang mungkin 100% adalah kesalahan.

Kemerdekaan adalah hak yang setiap orang miliki di bumi ini. Walau begitu dilahirkan atau tidak bukan lah otoritas kita, apalagi kita tidak bisa memilih di lahirkan di keluarga seperti apa, fisik yang bagaimana, dan dimana kita akan dilahirkan semuanya adalah otoritas sang pencipta.

Meski begitu hal yang luar biasa yang bisa kita semua miliki adalah tentang sangat merdekanya kita dalam memilih hidup seperti apa yang ingin kita jalani. Meski begitu tidak semua orang menjalani hidup dengan merdeka padahal mereka memiliki otoritas untuk hidup merdeka. Apa maksudnya?

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk kita jawab. Apakah anda menjadi diri sendiri hingga saat ini ? kehidupan yang anda inginkan apakah sudah terwujud? Dan setiap keputusan yang anda ambil hingga saat ini apakah semuanya sungguh-sungguh keputusan anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh faktor luar? Kita mungkin bisa menjawabnya dalam hati sambil merenung.

Pembahasan ini memang cukup biasa dan terkesan membosankan, tapi bagi saya ini adalah suatu masalah utama bagaimana kita sadar atau tidak sadar sedang membatasi potensi diri sebagai mahkluk ciptaan Tuhan yang sempurna adanya.

Coba lihat di waktu yang sekarang ini bagaimana bumi ini begitu mengerikan berubah secara cepat. Mari perhatikan bagaimana setiap orang dari sekitar kita bertindak dalam menjalani hidupnya masing-masing. Lalu apa kaitannya dengan HIDUP MERDEKA? Kita akan bahas secara perlahan.

HUKUM adalah suatu aturan yang di sepakati untuk mengatur setiap hidup bermasyarakat dengan sanksi --sanksi yang dimuat didalamnya. Mari coba kita lihat dari sisi berbeda, HUKUM adalah alat untuk menggerakkan manusia seperti ROBOT, setujukah anda?

Saya kira anda akan berfikir bahwa bodoh sekali pengertian seperti ini. Anda mungkin berfikir HUKUM adalah hal baik dimana hal ini adalah alat untuk melindungi setiap masyarakat dalam bertindak secara bebas. Tapi fakta bahwa HUKUM adalah suatu hal yang membuat hidup kita tidak merdeka adalah FAKTA.

Belum lagi segala hukum dan aturan tersirat yang melekat di masyarakat yang mau tidak mau juga harus kita ikuti layaknya sebuah boneka pinokio, yang suka tidak suka kita harus ikut di dalamnya. Kita mungkin berfikir setiap ATURAN ataupun HUKUM yang ada memiliki tujuan agar setiap kita bisa hidup damai dan bahagia, bodoh sekali pemikiran seperti ini.

Kebahagiaan apa yang kalian dapatkan dari mengikuti sebuah aturan maupun hukum? Atau lihat sekarang apa hasil dari setiap HUKUM yang sudah manusia terapkan. kita lupa bagimana HUKUM adalah sumber dari ketidakadilan itu sendiri. Sungguh menyedihkan memang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x